Breaking News:

Berita Pemkot Tarakan

Kota Tarakan Jadi Role Model Pemberlakuan Transaksi Non Tunai, Walikota Beber Kunci Suksesnya

"Kota Tarakan ini sejak 2017 telah menerapkan non tunai di sektor belanja. Mulai dari gaji pegawai hingga pembayaran pihak ketiga," ucapnya.

Editor: Achmad Bintoro
HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
NARASUMBER - Walikota Tarakan dr Khairul MKes menjadi narasumber diskusi bertema "Key Success Kota Tarakan Dalam Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP)" di Kantor BI Perwakilan Provinsi Kaltara, Tarakan, Kamis (16/7/2020). Diskusi berlangsung melalui aplikasi Zoom. 

TARAKAN - Walikota Tarakan,dr Khairul M Kes menjadi narasumber dalam diskusi melalui zoom meeting bertema "Key Success Kota Tarakan Dalam Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP)" di Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kaltara, Kamis (16/7/2020).

Khairul mengungkapan, BI melihat bahwa Kota Tarakan merupakan daerah best prestige dalam menerapkan non tunai di Indonesia.

"Kota Tarakan ini sejak tahun 2017 telah menerapkan non tunai di sektor belanja. Mulai dari gaji pegawai hingga pembayaran pihak ketiga," ucapnya.

Tahun 2019 dan 2020, lanjutnya, transaksi non tunai kembali digalakan. Di antaranya, dalam pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) hingga pemberlakuan e-parking pada awal tahun 2020.

"Dengan e-parking ini masyarakat dapat membayar parkir selama setahun dan mendapatkan kartu e-parking. Jadi masyarakat tinggal menunjukan e-parking ini kepada petugas parkirnya," ucapnya.

Menurut Khairul, dengan memberlakukan non tunai dalam program Pemkot Tatakan tentunya akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan yang pasti setiap pemasukan dan pengeluaran lebih transparan.

Mantan Sekda Tarakan ini menambahkan, pemberlakukan non tunai di Kota Tarakan ini, BI melihat maturitas Kota Tarakan ada di tahap ketiga.

"Untuk transaksi non tunai ini BI memantau dan melakukan penilaian kita di tahap ketiga. Sehingga diminta menjadi role model di beberapa daerah lain," ucapnya.(adv/jnh).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved