Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Jadi Mitra Pemda Tingkatkan Perekonomian, Disperindag Berau Dorong Koperasi Terus Berkembang

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah seperti pendampingan dan pengawasan.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
BERI MOTIVASI - Disperindagkop Berau memberikan penghargaan kepada koperasi berpreasti. Diharapkan seluruh koperasi di Berau bisa segera berkembang untuk mendukung tumbuhnya perekonomian daerah. 

TANJUNG REDEB - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Berau mendorong agar seluruh koperasi yang ada di Bumi Batiwakkal terus berkembang dan mengalami peningkatan. Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah seperti pendampingan dan pengawasan.

Disampaikan Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati, bahwa koperasi merupakan salah satu bagian yang membantu pemerintah daerah meningkatkan pendapatan daerah regional bruto (PDRB). Dengan berkembangnya koperasi yang ada ini bakal berdampak positif bagi perkembangan daerah juga.

"Oleh karena itu, pemerintah pun selalu hadir dalam memberikan solusi bagi koperasi ini. “Kita terus memberikan dukungan,” jelasnya.

Diskoperindag juga selalu memberikan penghargaan kepada beberapa koperasi yang dinilai telah berhasil dalam mengembangkan dirinya. Hal ini merupakan salah satu bentuk dorongan dan motivasi agar koperasi ini terus berkembang.

Begitu juga dengan koperasi lainnya agar bisa mengikuti jejak koperasi yang telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah daerah.

“Biar mereka bisa terus semangat dalam meningkatkan usaha serta membuat kelembagaan yang mandiri. Tentu kita harapkan koperasi yang ada saat ini bisa mendapatkan motivasi,” ujarnya.

Saat ini ada 426 koperasi yang terdata di Diskoperindag. Dari jumlah tersebut 127 merupakan koperasi aktif, 139 dalam pembinaan dan 160 sedang dalam proses penghapusan.

Ia pun mengharapkan agar koperasi yang ada ini bisa terus berkembang. “Kita selalu berupaya untuk membantu, seperti kepada UMKM yang telah kita berikan fasilitas konsultan kemas. Di sana mereka akan dibantu dalam mengemas produknya. Kemudian kita harapkan juga agar mereka bisa bersaing dalam ekspor, tidak perlu banyak yang penting kemasan produknya bagus,” katanya.

Ia pun mengharapkan agar koperasi bisa mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Dengan penerapan sistem berbasis online diharapkan bisa semakin meningkatkan perkembangan koperasi.

“Sekarang kan sudah jamannya digitalisasi, tentu bakal lebih mudah untuk mengembangkan diri. Tergantung inovasi yang bisa dibuat sehingga lebih cepat untuk berkembang,” pungkasnya. (adv/hms5)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved