Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Kerjasama TNI-Polri, Kecamatan Siagakan Petugas Periksa Kesehatan Pengunjung Pulau Maratua

Kebijakan ini diambil untuk memantau setiap pendatang yang masuk ke pulau terluar tersebut.

Editor: Achmad Bintoro

TANJUNG REDEB - Pemerintah Kecamatan Pulau Maratua menerapkan pendataan satu pintu. Kebijakan ini diambil untuk memantau setiap pendatang yang masuk ke pulau terluar tersebut.

Bekerja sama dengan TNI/Polri, petugas kesehatan dan aparatur kecamatan, pos pendataan disiagakan di dermaga Kampung Bohe Bukut. Setiap Speedboat diwajibkan untuk berlabuh di sana.

Kemudian para petugas yang disiapkan memeriksa kondisi kesehatan penumpang, seperti suhu tubuh dan masker. Selain itu, diwajibkan juga untuk mengisi identitas diri.

Camat Pulau Maratua, Marsudi menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil agar pemerintah kecamatan bisa mengetahui para pendatang yang masuk. Hal ini pun sebagai langkah antisipasi penyebaran covid-19.

"Semua yang masuk kita periksa, bukan hanya orang luar saja tapi masyarakat sini juga diperiksa sesuai dengan protokol kesehatan. Dan wajib untuk menggunakan masker," jelasnya.

Diharapkan dengan tindakan ini bisa mencegah masuknya covid-19 ke Maratua. Dan hal ini pun dapat terlihat hingga saat ini, dimana tidak ada kasus positif di sana.

"Kemarin aja ada yang PDP di sini 8 orang. Dan itu pun sudah lama 3 bulan lalu. Kita harap tidak ada yang positif di sini," katanya.

Penerapan masuk satu pintu ini pun diberlakukan bagi resort-resort yang ada. Sebelum memasukan wisatawan, harus melalui pos pemeriksaan terlebih dahulu. Pemerintah kecamatan pun telah melakukan sosialisasi kepada pengusaha resort yang ada.

"Karena sekarang sudah dibuka untuk kunjungan wisata, sehingga perlu kita antisipasi wisatawan yang datang dari luar. Jangan sampai kita kecolongan. Jika pun ada yang positif, dengan pendataan ini bisa segera didata," imbuhnya.

Selain itu, pos-pos pemeriksaan juga didirikan di setiap kampung. Jalur keluar dan masuk kampung dijaga oleh petugas kesehatan bekerja sama dengan masyarakat kampung. "Masyarakat yang mau berkunjung ke kamoung lain harus diperiksa juga. Minimal menggunakan masker pada saat datang," pungkasnya. (adv/Hms5)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved