Breaking News:

Sedang Asik Memancing, Tiba-tiba Dua Kapal Ikan Vietnam Diciduk KRI Yos Sudarso di Laut Natuna

TNI Angkatan Laut kembali menangkap dua Kapal Ikan Asing ( KIA) asal Vietnam. Pencuri ikan itu ditangkap saat sedang asik memancing di perairan Indone

(DOK TNI AL)
Dua kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam kembali berhasil diamankan di Laut Natuna Utara atau tepatnya di perairan Pulau Laut sekitar 20 Nautical Mile (NM) Utara Pulau Sekatung, salah satu pulau terdepan di Indonesia yang berada di wilayah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). 

TRIBUNKALTIM.CO, NATUNA - TNI Angkatan Laut kembali menangkap dua Kapal Ikan Asing ( KIA) asal Vietnam. Pencuri ikan itu ditangkap saat sedang asik memancing di perairan Indonesia.

Ada 10 Anak Buah Kapal ( ABK) di atas kedua kapal itu. diamankan TNI yang menggunakan KRI Yos Sudarso 35.

Sebanyak dua kapal ikan asing ( KIA ) asal Vietnam ditangkap saat sedang memancing ikan di perairan Pulau Laut sekitar 20 mil laut utara Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kapal asing tersebut diamankan oleh TNI Angkatan Laut yang menggunakan KRI Yos Sudarso 35. Sebelumnya, kapal TNI sudah mendeteksi keberadaan dua kapal mencurigakan yang berada di perairan pulau terdepan Kabupaten Natuna.

"Dua kapal ikan VIetnam tersebut terdeteksi oleh radar KRI Yos Sudarso dan posisi kedua KIA tersebut sangat dekat dengan perairan Pulau Laut," kata Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada I ( Danguspurla Koarmada I ) Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta melalui telepon, Minggu (19/7/2020).

Baca juga; Sikap Tegas Mahfud MD Usir Cina dari Laut Natuna, Bandingkan dengan Prabowo Subianto dan Menteri KKP

Baca juga; VIDEO - Kapal Vietnam Tabrak KRI Tjiptadi 381 di Laut Natuna, Indonesia Ajukan Protes ke Vietnam

Didong mengatakan, kedua kapal Vietnam tersebut sebenarnya terlihat sangat nyata oleh nelayan Natuna yang sedang melaut, karena posisi kedua kapal tersebut benar-benar dekat dengan Pulau Laut.

Ironisnya saat ditangkap, kedua kapal ikan Vietnam tersebut sedang asik menangkap ikan dengan menggunakan pair trawl atau pukat hela.  "Total anak buah kapal ( ABK) ada 10 orang dan diamankan sedang asyik mencuri ikan di Laut Natuna dengan menggunakan pair trawl," kata Didong.

Sementara itu, Komandan KRI Yos Sudarso 353 Letkol Laut (P) Maman Nurachman melalui keterangan tertulisnya mengatakan, kedua kapal sama sekali tidak dilengkapi dengan dokumen yang sah.

Dalam proses penangkapan KIA tersebut, pihak KRI tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memeriksa kesehatan para nahkoda dan ABK.

Guna penanganan lebih lanjut, nahkoda dan ABK beserta barang bukti diserahkan ke Pangkalan TNI AL Ranai. Selain itu, para ABK akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan isolasi selama 14 hari. Penangkapan ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi di perairan Natuna dalam waktu satu bulan terakhir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Kapal Vietnam Ditangkap Saat Mencuri Ikan di Laut Natuna"

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved