Breaking News:

Berita pemkab Berau

Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov Kaltim, Berau Bangun Stadion Olympic Mini

Stadion dibangun dalam rangka menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim 2022

HUMASKAB BERAU
TINJAU STADION - Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo meninjau pembangunan Stadion Olympic Mini yang berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur, Senin (20/7/2020). Pemkab Berau berbeah diri mempersiapkan sebagai tuan rumah Porprov Kaltim pada tahun 2022 mendatang. 

TANJUNG REDEB - Berlokasi di Kecamatan Teluk Bayur, Pemerintah Kabupaten Berau membangun Stadion Olympic Mini. Stadion dibangun dalam rangka menyambut gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur di Kabupaten Berau pada 2022 mendatang.

Memastikan pelaksanaan pembangunan sesuai dengan progres, Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baplitbang), Agus Wahyudi, jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), meninjau pelaksanaan pembangunan, Senin (20/7/2020).

Pembangunan stadion Olympic melalui program multiyear contrak (MYC) dengan nilai kontrak Rp 49,774 miliar tersebut direncanakan akan tuntas pada Juli 2021 mendatang. Sehingga diharapkan bisa dipergunakan pada perhelatan Porprov ditahun 2022.

Wabup Agus Tantomo, disela peninjauan mengatakan dari hasil konsultasi yang telah dilakukan bersama jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Berau maupun KONi Kalimantan Timur untuk kesiapan Venue pada Porprov 2022 di Kabupaten Berau, masih ada 2 cabang olahraga yang harus dipersiapkan venuenya, Yakni Roadrace dan panahan.

Kunjungan lapangan ini selesain untuk melihat progress pembangunan stadion, disampaikan Agus Tantomo juga untuk melihat apa mungkin di lokasi yang sama juga dibangun venue roadrace maupun panahan. Dari diskusi lapangan dikatakan Agus sangat dimungkinkan untuk ditambah dengan arena roadrace. Hanya dibutuhkan sedikit perluasan lahan yang akan sekaligus menjadi jalan lingkar stadion dan menjadi arena roadrace.

“Jadi persis seperti stadion sempaja di samarinda, jadi selain cabor sepak bola, atletik juga ada roadrace, tinggal kita mencari lokasi untuk venue panahan,” jelasnya.

Pembangunan stadion Olympic mini ini dijelaskan Agus akan dilengkapi tribun pada satu sisi. Akan tetapi Agus telah meminta untuk tetap disiapkan lahan pada sisi lainnya untuk pembangunan tambahan tribun jika memang perlu dilakukan pengembangan pembangunan kedepannya.

“Saat ini memang hanya satu sisi yang ada tribun, tapi kita tetap siapkan lahan jika memang harus menambah tribun disisi sebelahnya,” ungkapnya.

Lahan pembangunan stadion mini ini berdiri diatas lahan seluas kurang lebih 4 hektar yang juga sudah termasuk untuk area parker yang cukup luas. Hanya saja luasan ini belum cukup jika memang akan dibangunkan jalan ingkar sebagai arena roadrace, sehingga perluasan lahan secara bertahap akan dilakukan.

Selain dukungan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Berau melalui program MYC. Pembangunan stadion dikatakan Agus juga mendapat dukungan dari APBD Kaltim sebesar kurang lebih Rp 12 miliar untuk pembangunan jalan masuk ke Stadion.

“Kita juga mendapat bantuan dari provinsi untuk jalan masuk, pembebasan sudah dilakukan Pemkab Berau dan pembangunan jalannya dari provinsi,” tandasnya. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved