Breaking News:

BP Jamsostek Balikpapan Dorong Tim Penggerak PKK Terlindungi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Tim Penggerak PKK Balikpapan.

HO
BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan, Selasa (21/7/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan, Selasa (21/7/2020).

Kegiatan sosialisasi ini digelar di Aula Rumah Jabatan Walikota Balikpapan dengan menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Sosialisasi dihadiri anggota Tim  Penggerak PKK se-Kota Balikpapan yang dipimpin Ketua PKK Balikpapan Arita Rizal Effendi ini untuk mengenalkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami ingin melindungi seluruh anggota PKK Kota Balikpapan supaya dalam berkegiatan, baik kegiatan formal maupun informal bisa terlindungi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Agar dalam aktivitasnya merasa aman dan terlindungi, baik dari kecelakaan kerja, kematian, dan hari tuanya," ujar Kepala Cabang melalui Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan, Murniati.

Perempuan berhijab ini menjelaskan, program perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan terdiri dari Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan, Selasa (21/7/2020).
BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan, Selasa (21/7/2020). (HO)

Sesuai PP Nomor 82 Tahun 2019 tentang Perubahan atas PP Nomor 44 Tahun 2015, salah satu yang paling menonjol adalah manfaat JKK berupa beasiswa kepada anak peserta yang mengalami resiko meninggal dunia dengan total maksimal Rp174 juta untuk 2 orang anak. Mulai dari sang anak bersekolah TK hingga tamat Perguruan Tinggi.

Untuk Santunan Meninggal pada program JKM, semua biaya mulai dari pemakaman, santunan berkala ke ahli waris dan santunan kematian dengan total Rp42 juta.

"Para ibu PKK juga akan ada tabungan yang bisa diambil setelah tidak menjadi anggota PKK lagi. Bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha dan lainnya di program JHT," terangnya.

Tim Penggerak PKK diharapkan bisa menjadi motor penggerak penyampaian program pemerintah terkait Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ke masyarakat, khususnya di kota Beriman. Yang tujuannya mulai dari mengentaskan kemiskinan hingga putus sekolah.

Sosialisasi akan dilakukan secara massif ke seluruh anggota PKK baik di Kecamatan hingga Kelurahan. Namun karena terkendala situasi pandemi, maka sosialisasi akan digelar secara virtual.

Untu pendaftaran kepesertaan, kata Murniati sangat dimudahkan. Masing-masing Kecamatan dan Kelurahan sudah ada Agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) yang akan membantu proses pendaftaran. Calon peserta hanya cukup membawa KTP serta besaran iuran yang akan dibayarkan.

"Keterjaminan agen Perisai, mereka sudah dilengkapi Surat Keputusan (SK), fakta integritas, serta dalam eksekusinya (membantu pendaftaran) juga langsung karena via mobile dengan menggunakan web sehingga bisa langsung terdaftar," tukasnya.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan di Rumah Jabatan Walikota Balikpapan.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan menggelar sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tim Penggerak PKK di Kota Balikpapan di Rumah Jabatan Walikota Balikpapan. (HO)

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi menyambut baik sosialisasi yang digelar. Ia menyebut untuk menindaklanjuti sosialisasi yang sangat bermanfaat ini, masing-masing anggota PKK di Kecamatan dan Kelurahan akan menghubungi Agen Perisai.

"Mengingat yang namanya kecelakaan bisa terjadi kapan saja pada saat kita melakukan pekerjaan. Program dari BPJS Ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat untuk masa depan, dengan biaya yang murah namun manfaatnya yang sangat banyak, sehingga meringankan sekali," tutupnya. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved