Breaking News:

Virus Corona di Kaltara

Penggunaan BKPSDM Bulungan Sebagai Lokasi Karantina Segera Dihentikan, Dinkes Sebut Gegara Anggaran

Penggunaan guest house BKPSDM Bulungan, sebagai lokasi karantina selama penanganan covid-19 atau virus Corona, segera dihentikan

TRIBUNKALTIM.CO, AMIRUDDIN
Suasana di lokasi karantina BKPSDM Bulungan 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Penggunaan guest house Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Bulungan, sebagai lokasi karantina selama penanganan covid-19 atau virus Corona, segera dihentikan.

Lokasi karantina letaknya di Jl Agatis, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara ( Kaltara).  Hal itu disampaikan Juru Bicara Dinas Kesehatan Bulungan, dr Heriyadi Suranta.

"Ada rencana penggunaan BKPSDM Bulungan sebagai lokasi karantina akan dihentikan nanti pada bulan Agustus mendatang," kata Heriyadi Suranta, kepada TribunKaltim.co, Selasa (21/7/2020) pagi.

Guest house BKPSDM Bulungan diketahui mulai dimanfaatkan sebagai lokasi karantina, sejak awal April 2020.

Warga yang dikarantina merupakan orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG), kontak erat, hingga reaktif rapid test.

Baca juga; Angka Sembuh Pasien Corona di Kaltara Meningkat, Nunukan dan Tarakan Malah Zero Kasus Positif

Baca juga; Seorang ASN Pemprov Kaltara Positif Virus Corona, Kini Dirawat di RSUD Tarakan

"Pelaksanaan karantina segera berakhir, karena anggaran memang hanya sampai bulan Juli saja. Selain itu, revisi terbaru pedoman penanganan covid-19, semua isolasi diupayakan dilakukan di rumah saja," ujarnya.

Ditambahkan Heriyadi, saat ini masih terdapat 23 orang yang dikarantina di guest house BKPSDM Bulungan. Sebanyak 19 orang di antaranya, merupakan warga yang dinyatakan reaktif rapid test.  "Kalau kondisi mereka yang dikarantina normal semua, sehat, karena memang mereka hanya rapid reaktif, serta kontak erat saja," tuturnya.

Sekadar diketahui, kasus konfirmasi positif covid-19 di Bulungan hingga saat ini mencapai 44 kasus. Dari 44 kasus itu, 39 telah sembuh, dua orang meninggal dunia, serta tiga orang masih dirawat di rumah sakit.

Dua orang dirawat di RSD Soemarno Sosroatmodjo Tanjung Selor, yakni inisial HN dan MA, serta seorang lainnya dirawat di RSUD Tarakan, dengan inisial FR.  (TribunKaltim.co/Amiruddin)

Penulis: Amiruddin
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved