Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Gelar Pasukan Ditiadakan, Upacara Peringatan HUT RI Digelar Sederhana Guna Cegah Covid-19

pengibaran bendera merah putih digelar terbatas dan dipusatkan di Lapangan halaman Kantor Bupati Berau.

HUMASKAB BERAU
RAPAT HUT RI -Pemerintah Kabupaten Berau menggelar pertemuan bersama instansi terkait terkait persiapan upacara peringatan HUT ke-75 RI, Selasa (21/7/2020). Pertemuan yang digelar di ruang rapat Sangalaki Setkab Berau, dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Berau, Datu Kesuma. 

TANJUNG REDEB - Menindaklanjuti petunjuk pemerintah pusat terkait pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Pemerintah Kabupaten Berau, Selasa (21/7/2020), menggelar pertemuan bersama instansi terkait. Pertemuan yang digelar di ruang rapat Sangalaki Setkab Berau, dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Berau, Datu Kesuma.

Berdasarkan petunjuk pelaksanaan Peringatan HUT ke 75 RI ditengah pandemic covid-19 pada tahun 2020 ini akan digelar secara sederhana. Tidak ada gelar pasukan seperti tahun tahun sebelumnya. Upacara peringatan detik detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih digelar terbatas dan dipusatkan di Lapangan halaman Kantor Bupati Berau.

Hal ini berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu dipusatkan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb. Undangan maupun peserta upacara juga dengan jumlah terbatas.

“Jadi untuk tahun ini peringatan HUT RI agak berbeda dari tahun tahun sebelumnya, karena tahun ini dilaksanakan dimasa masa covid-19,” ungkap Datu Kesuma usai memimpin pertemuan.

Undangan yang hadir pada puncak peringatan HUT RI dijelaskan Datu hanya jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) tanpa didampingi istri dan ditambah dengan undangan dari beberapa instansi vertikal. Sementara peserta upacara hanya dari jajaran TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja dengan jumlah personil masing masing 10 orang. Sehingga jumlah barisan peserta hanya 30 personil ditambah dengan pasukan korsik. Sementara paduan suara pada tahun ini ditiadakan.

“Sesuai dengan petunjuk yang ada memang ada pembatasan, seperti paskibraka tahun ini tidak ada. Pengibaran hanya dilakukan tiga orang,” jelasnya.

Namun dalam memperingati HUT RI berlangsung dengan khimat masyarakat diminta untuk menghentikan aktivitas disaat peringatan detik detik proklamasi. Panitia HUT RI dikatakannya akan menyiapkan beberapa titik sirine tanda peringatan detik detik proklamasi, sehingga masyarakat dapat menghentikan kegiatannya sejenak. Mobil sirine akan ditempat di area pasar, dermaga maupun di sepanjang tepian sungai Segah.

“Jadi kita minta masyarakat turut memberikan penghormatan pada detik detik proklamasi dengan menghentikan kegiatannya sejenak,” ungkapnya.

Usai peringatan HUT RI di halaman Kantor Bupati Berau, dijelaskan Datu Kesuma akan dilanjutkan dengan peringatan HUT RI secara virtual bersama Presiden Republik Indonesia. Kegiatan ini akan dipusatkan di Balai Mufakat Tanjung Redeb dengan dihadiri Forkopimda, sementara pejabat di lingkungan Pemkab Berau dapat mengikuti upacara virtual ditempat masing masing. Selain itu juga akan dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke taman makam pahlawan.

Sementara itu untuk kegiatan upacara HUT RI ditegaskannya hanya dipusatkan di ibukota kabupaten. Sementara untuk di tingkat kecamatan sesuai dengan petunjuk yang ada, tidak dilaksanakan atau ditiadakan. Hal ini memang dilakukan sebagai upaya untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19.

Meskipun upacara detik detik proklamasi digelar dengan sederhana, namun Pemkab Berau mengimbau masyarakat untuk tetap menyemarakkan Hari Kemerdekaan dengan mengibarkan bendera merah putih dan umbul umbul di lingkungan masing masing. “Masyarakat diimbau untuk tetap menyemarakkan HUT RI dengan pengibarkan bendera dan memasang umbul umbul,” tandasnya. (adv/hms4)

Tags
HUT RI
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved