Breaking News:

Handphone Bekas di Bawah Rp, 1 Juta Diburu Anak Sekolah di Balikpapan

Hal ini mengharuskan anak sekolah maupun orang tua sebagai pendamping, wajib memiliki barang elektronik, yang paling umum adalah handphone.

TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI AM
Suasana di Toko Handphone 'Klik' yang berlokasi di Pasar Klandasan, Balikpapan Kota. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan, seluruh proses pembelajaran anak usia sekolah dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring selama masa darurat covid-19.

Hal ini merujuk pada Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan covid-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020, maka kegiatan belajar mengajar pun dilakukan secara daring dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (covid-19).

Berdasarkan kebijakan Pemerintah dengan adanya pandemi covid-19 berdampak pada pola pembelajaran, termasuk mekanisme administrasi, komunikasi dan pertemuan. Sebagian besar berubah dari offline ke online.

Hal ini mengharuskan anak sekolah maupun orang tua sebagai pendamping, wajib memiliki barang elektronik, yang paling umum adalah handphone.

Baca Juga:Ternyata Ada 3 Hal yang Dipelajari Bayi Saat Dalam Kandungan, Salah Satunya Mendengar Suara

Baca Juga:Hana Hanifah Jangan Senang Dulu, Polisi Beber Ada Peluang Jadi Tersangka, Bukti Baru Dipelajari

"Untuk pedagang, penjualan handphone saat ini ada peningkatan. Apalagi kondisi yang diharuskan, anak sekolah harus belajar via daring menggunakan handphone," ujar Ketua Asosiasi Pedagang Ponsel Balikpapan, Rustam Jasli, Rabu (22/7/2020).

Kendati begitu, lanjut Rustam, ada permasalahan besar di kota Balikpapan, yang bagi penjual bisa saja berkah, namun untuk masyarakat golongan menengah ke bawah yang mencari handphone, adalah hambatan.

Berbeda dengan umumnya masyarakat yang anaknya sudah di bekali benda elektronik ini, nyatanya masih banyak kesulitan membeli ponsel pintar. Khususnya untuk alat belajar sang buah hati.

"Ada kesedihan dari kami para pedagang bagi masyarakat yang mencari handphone second yang harganya dibawah Rp1 juta. Handphone second dengan harga dibawah Rp1 juta, pasti habis di kami, masih dicari per hari ini," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved