Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Realisasi Pendapatan Mahulu 31,56 Persen, Bupati Sampaikan Nota Pengantar Realisasi APBD 2020

Rapat Paripurna VII Masa Sidang II dipimpin oleh Ketua DPRD Novita Bulan,SE,M.BA. Turut hadir Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau,

HUMASKAB MAHULU
NOTA PENGANTAR - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh menyerahkan dokumen Nota Pengantar Laporan Realisasi Semester I APBD Mahulu 2020 kepada Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Jumat (17/7/2020). 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH menyampaikan Nota Pengantar Laporan Realisasi Semester I Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahakam Ulu Tahun Anggaran 2020 dan Prognosis enam bulan berikutnya, pada Rapat Paripurna VII Masa Sidang II di ruang rapat kantor Bappelitbangda. Jumat (17/7/2020).

Rapat Paripurna VII Masa Sidang II dipimpin oleh Ketua DPRD Novita Bulan,SE,M.BA. Turut hadir Wakil Bupati Drs. Y. Juan Jenau, Wakil Ketua I Tiopilus Hanye, S.AB., M.Si, Wakil Ketua II Martin Hat L.,ST., MM dan Anggota DPRD Mahulu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bonifasius menyerahkan Dokumen Realisasi Semester I APBD Kabupaten Mahakam Ulu TA. 2020 dan Prognosis enam bulan berikutnya diterima Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan,SE,M.BA.

Dalam sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH menuturkan, maksud dan tujuan laporan realisasi guna memberikan informasi tentang kemajuan pelaksanaan APBD selama semester pertama Januari - Juni 2020 dan kendala atau permasalahan yang dihadapi serta prognosis (perkiraan) untuk enam bulan berikutnya Juli - Desember 2020.

“Hal ini penting sebagai bahan monitoring dan pengendalian pelaksanaan APBD, perkiraan pendapatan dan belanja enam bulan berikutnya dapat menjadi dasar atau pertimbangan untuk menetapkan perubahan APBD. Perubahan tersebut bisa berarti menambah atau mengurangi, bisa juga sekadar menggeser antara belanja dan komponen belanja tanpa menambah atau mengurangi anggaran,”tutur Bupati.

Dikatakan Bupati Bonifasius, target dan realisasi pendapatan daerah Pemkab Mahulu Semester I telah mencapai 31,56 persen dari target Pendapatan Daerah tahun 2020. “Hal ini berarti bahwa realisasi pendapatan belum mencapai 50 persen dari total anggaran pendapatan yang direncanakan. Selanjutnya dengan berbagai upaya dan kerja keras pemerintah daerah yakin bahwa target penerimaan pendapatan tahun anggaran 2020 dapat mencapai 100 persen sampai dengan 31 Desember 2020.” kata Bupati

Lebih lanjut Bupati Bonifasius menambahkan, mengenai anggaran belanja,sampai dengan saat ini baru terserap sebesar  17,08 persen. Masih rendahnya daya serap anggaran belanja secara keseluruhan tersebut terkait dengan Pendemi Covid-19 dimana sebagian besar anggaran belanja yang telah direncanakan harus mengalami pergeseran dengan tujuan penanganan Covid-19 dan realisasi belanja modal yang baru terserap sebesar 5,26 persen.

“Harapannya untuk prognosis enam bulan kedepan, daya serap anggaran belanja tahun 2020 dapat mencapai 97,92 persen dari total anggaran belanja, dengan asumsi bahwa  dana transfer dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dapat diterima tepat waktu, dan tidak terjadinya hambatan baik yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal,” ujar Bupati.

Sementara disampaikan Ketua DPRD Novita Bulan,SE,M.Ba, rapat paripurna ini merupakan perintah dan ketentuan peraturan perundang - undangan.

“Yang pada prinsipnya menyatakan bahwa pemerintah daerah menyusun laporan realisasi semester pertama APBD dan Prognosis untuk enam bulan berikutnya dan disampaikan kepada DPRD paling lambat akhir bulan Juli tahun anggaran. Untuk menindaklanjuti amanah peraturan tersebut, maka pada Jumat 17 Juli 2020 dilaksanakan paripurna ke tujuh masa sidang II tahun 2020 dalam agenda penyampaian Nota Pengantar Laporan Realisasi Semester I Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mahakam Ulu Tahun Anggaran 2020 dan Prognosis 6 (enam) berikutnya”jelas Ketua DPRD Mahulu. (advertorial/hms11/td)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved