Breaking News:

Pilkada Kaltara

Rekap Hasil Verifikasi Faktual, Balon Gubernur Kaltara Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin Tidak Hadir

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kaltara melaksanakan rekapitulasi hasil verifikasi faktual bakal calon gubernur jalur perseorangan, Kamis (23/7/2020)

TRIBUNKALTIM.CO, AMIRUDDIN
Rapat pleno hasil verifikasi faktual bukti dukungan balon gubernur Kaltara jalur perseorangan, Kamis (23/7/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kaltara melaksanakan rekapitulasi hasil verifikasi faktual bakal calon gubernur jalur perseorangan, Kamis (23/7/2020).

Rapat pleno dilaksanakan di Hotel Luminor Jl Sabanar Lama, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kaltara. Bukti dukungan yang sebelumnya diverifikasi faktual, milik pasangan Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin.

Rapat pleno tersebut dipimpin Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, dan dihadiri komisioner KPU kabupaten dan kota se-Kaltara. Termasuk pimpinan Bawaslu Kaltara, Rustam Akif, dan perwakilan Bawaslu kabupaten dan kota.

Dalam rapat pleno tersebut, tidak dihadiri oleh pasangan Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin, maupun liaison officer (LO) mereka. "Kami sudah berkoordinasi dengan LO termasuk mengundang pasangan Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin.

Seyogyanya beliau bakal hadir, tetapi gegara satu dan lain hal sehingga beliau tidak sempat hadir.

Baca juga; Diisukan Berpasangan dengan Irianto Lambrie di Pilkada Kaltara, Ini Respon Wakil Ketua DPRD Nunukan

Baca juga; KPU Kalimantan Utara Uji Publik Maskot dan Jingle Pilkada Kaltara 2020, Ini Para Pemenangnya

Begitupun dengan LO-nya tidak sempat hadir dalam pleno hari ini,'' kata kata Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami, saat ditemui di sela rapat pleno, Kamis (23/7/2020) siang.

Ditambahkan Suryanata Al Islami, meskipun pasangan Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin dan LO-nya tidak hadir, KPU tetap akan menyampaikan hasil rapat pleno hari ini.

"Jika terdapat kekurangan bukti dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat, maka balon perseorangan masih punya kesempatan melengkapi kekurangan bukti dukungannya. Setelah itu akan dilakukan lagi verifikasi administrasi dan verifikasi faktual hasil perbaikan," ujarnya.

Pasangan Abdul Hafid Achmad - Makinun Amin merupakan satu-satunya balon gubernur Kaltara jalur perseorangan, yang lolos hingga ke tahap verifikasi faktual. Untuk lolos jalur perseorangan, balon gubernur Kaltara wajib memiliki minimal 45.011 bukti dukungan yang memenuhi syarat.

Pilgub Kaltara bakal dihelat pada 9 Desember 2020, setelah ditunda gegara pandemi covid-19 atau virus Corona. (TribunKaltim.co/Amiruddin)

Penulis: Amiruddin
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved