Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Shalat Jumat Pertama di Hagia Sophia Resmi Digelar 

Beberapa ribu orang termasuk Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengikuti shalat Jumat pertama yang digelar di Hagia Sophia

TRIBUNKALTIM.CO - Beberapa ribu orang termasuk Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengikuti shalat Jumat pertama yang digelar di Hagia Sophia, sejak kontroversi alihfungsi bangunan ini mencuat.

Ini adalah ibadah umat Islam yang dilakukan setelah adanya putusan 10 Juli yang mencabut status museum dari bangunan era Bizantium ini, yang sudah berjalan sejak 1934.

Melansir dari AFP pada Jumat (24/7/2020), Erdogan membacakan sebuah ayat dari Al-Quran sebelum adzan shalat dikumandangkan dari empat menara Hagia Sophia.

Sebelumnya diberitakan, shalat Jumat pertama ini dipimpin oleh Ali Erba ketua direktur keagamaan, lapor harian Turki Hürriyet.

Kemudian, karpet yang dipakai untuk shalat Jumat diproduksi di Provinsi Manisa, salah satu pabrik karpet pertama di Turki, kata surat kabar itu.

"Terbuat dari bulu domba 100 persen, karpet hijau yang dipasang dengan motif Ottoman abad ke-17."

Bangunan berusia 1.500 tahun ini semula adalah katedral yang dijadikan masjid lalu museum dan jadi masjid lagi.

Hal itulah yang membuat Paus "sangat sedih," ketika Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi masjid oleh pemerintahan Erdogan.

Sekitar 1.000 orang diperkirakan akan mengikuti salat Jumat pertama dalam 86 tahun.

Pada 1934, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu dijadikan museum.

Halaman
12
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved