Breaking News:

Pilkada Bulungan

Faridil Murad - Masnur Anwar Serahkan Bukti Dukungan Hasil Perbaikan Besok, Bawa 8 Ribu KTP Tambahan

Balon Bupati Bulungan, Kalimantan Utara, dari jalur perseorangan, Faridil Murad - Masnur Anwar, bakal menyerahkan bukti dukungan hasil perbaikan.

TRIBUNKALTIM.CO, AMIRUDDIN
LO pasangan Faridil Murad - Masnur Anwar, Satrio Wibowo 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Balon Bupati Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), dari jalur perseorangan, Faridil Murad - Masnur Anwar, bakal menyerahkan bukti dukungan hasil perbaikan, Senin (27/7/2020) besok.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi KPU Bulungan, bukti dukungan Faridil-Masnur belum memenuhi syarat. Faridil-Masnur hanya memiliki 5.785 KTP dukungan, yang memenuhi syarat.

Sehingga, Faridil-Masnur masih butuh 3.779 bukti dukungan, agar memenuhi syarat minimal dukungan, yakni 9.564 KTP dukungan.  Namun yang harus disetor sebanyak dua kali lipat kekurangan, yakni 7.558 KTP dukungan.

"InsyaAllah besok kami akan ke KPU menyerahkan syarat dukungan hasil perbaikan.  Ada sekitar 8 ribu bukti dukungan yang telah kami input ke sistem informasi pencalonan ( Silon).

8 ribu KTP dukungan itu telah siap dibawa ke KPU Bulungan Senin besok," kata Liaison Officer (LO) pasangan Faridil-Masnur, Satrio Wibowo, kepada TribunKaltim.co, Minggu (26/7/2020).

Baca juga; Belum Penuhi Syarat Maju Pilkada Bulungan, Pasangan Faridil - Masnur Siapkan 8 Ribu KTP Cadangan

Baca juga; Golkar Usung Syarwani-Ingkong Ala di Pilkada Bulungan, Asmin Laura Hafid- Hanafiah di Nunukan

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan Pilkada serentak, balon perseorangan diberi waktu tiga hari untuk menyerahkan bukti dukungan hasil perbaikan ke KPU.

Yakni, terhitung mulai 25-27 Juli 2020. Artinya, besok merupakan hari terakhir penyerahan bukti dukungan hasil perbaikan.

''Bukti dukungan hasil perbaikan akan dibawa langsung oleh Pak Masnur Anwar, bersama sejumlah tim beliau. Untuk Pak Faridil kemungkinan belum bisa hadir, karena masih ada agenda yang harus beliau ikuti," ujarnya.

Faridil Murad saat ini, memang masih tercatat sebagai Wakil Bupati Nunukan, Kaltara yang masih aktif.  Sedangkan Masnur Anwar merupakan mantan anggota DPRD Bulungan, sekaligus mantan Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan ( PPP) Bulungan.

Pasangan Faridil Murad-Masnur Anwar merupakan satu-satunya balon bupati Bulungan jalur perseorangan, yang lolos hingga ke tahap verifikasi faktual bukti dukungan.

"Kami tetap optimis bukti dukungan milik pasangan Faridil Murad-Masnur Anwar memenuhi syarat, dan bisa mendaftar sebagai kandidat di Pilkada Bulungan, lewat jalur perseorangan. Setelah bukti dukungan dinyatakan lolos verifikasi faktual, kami akan gencarkan lagi sosialisasi ke masyarakat," tuturnya.

Sekadar diketahui, selain jalur perseorangan, untuk bertarung di Pilkada Bulungan bisa juga lewat jalur partai politik. Syaratnya, wajib mendapat dukungan dari pemilik minimal lima kursi di DPRD Bulungan.

Sesuai tahapan, pendaftaran kandidat di KPU bakal dimulai pada 4-6 September 2020. Sedangkan Pilkada serentak akan digelar pada 9 Desember 2020.  (TribunKaltim.co/Amiruddin)

Penulis: Amiruddin
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved