Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Tony-Fathur Serahkan Syarat Dukungan Perbaikan

Tony-Fathur sebenarnya berharap bisa menyampaikan dukungan perbaikan di tanggal 25 Juli 2020, tapi karena sering terkendala di Silon, sehingga

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Bakal Pasangan Calon  (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Paser jalur perseorangan H Tony Budi Hartono-H Aji Sayid Fathur Rahman (Tony-Fathur), Minggu (26/7/2020), menyerahkan syarat dukungan perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser.

Seperti diberitakan, KPU Paser dalam Rapat Pleno Terbuka sebelumnya menetapkan syarat dukungan Tony-Fathur di verifikasi faktual (verfak) sebanyak 14.969 dukungan, sementara ambang batas dukungan yang harus dikumpukan Tony-Fathur sebanyak 18.583 dukungan.

Untuk mencukupi kekurangan dukungan sebanyak 3.614 itu, Tony-Fathur minimal menyetorkan sebanyak 7.228 dukungan perbaikan atau 2 kali lipat dari jumlah kekurangan dukungan. Syarat dukungan perbaikan itu lah yang serahkan oleh Tony-Fathur ke KPU Paser.

“Hari ini sekitar pukul 15.00 WITA, kita menerima syarat dukungan perbaikan Bapaslon Perseorangan Tony-Fathur. Ada sebanyak 8.792 dukungan perbaikan yang mereka sampaikan, yang tersebar di 10 kecamatan Kabupaten Paser,” kata Ketua KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid.

Sementara itu, Koordinator Divisi (Kordiv) Teknis KPU Paser Ahyar Rosidi mengatakan jadwal tahapan penyampaian dukungan perbaikan Bapaslon perseorang ke KPU dari tanggal 25 sampai 27 Juli 2020. Tony-Fathur menyampaikan dukungan perbaikan di tanggal 26 Juli 2020.

“Begitu kita terima langsung kita lanjutkan dengan pengecekan dan pencocokan, serta verifikasi admistrasi dokumen dukungan. Yang disetorkan minimal 7.228 dukungan, setelah 8.792 dukungan perbaikan yang disampaikan Bapaslon itu melewati verifikasi admistrasi,” kata Ahyar Rosidi. 

Jika setelah verifikasi admistrasi kurang dari 7.228 dukungan, maka tidak bisa dilanjutkan ke tahapan Pilkada Paser berikutnya. “Nanti kita lihat hasilnya, apakah memenuhi syarat minimal 7.228 dukungan atau belum, tapi ketika itu terpenuhi maka kita lanjut ke verfak perbaikan,” ucapnya.

Ditemui usai penyerahan dukungan perbaikan, Balon Wakil Bupati jalur perseorangan H Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan Tony-Fathur sebenarnya berharap bisa menyampaikan dukungan perbaikan di tanggal 25 Juli 2020, tapi karena sering terkendala di Silon, sehingga dipaksakan hari ini.

“Kita mengambil tanggal 26 Juli 2020, supaya besok kita masih bisa memperbaiki kekurangan terhadap data yang sudah kita setorkan. Dengan harapan, apa yang telah kami sampaikan tidak terlalu banyak berkurang, syarat minimal dukungan perbaikan 7.228 bisa tercukupi,” kata Fathur Rahman.(Laporan wartawan Tribun Kaltim)

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Penulis: Sarassani
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved