Tarakan Masuk dalam Zona Kuning, Tunggu Waktu 2 Minggu untuk Jadi Zona Hijau

Berdasarkan tren kasus covid-19 per 21 Juni 2020, Kota Tarakan masuk ke dalam 36 kota/kabupaten peralihan dari zona merah ke zona kuning.

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
dr Devi Ika Indriarti, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan mengatakan, Kota Tarakan masuk ke dalam zona kuning untuk kasus covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Berdasarkan tren kasus covid-19 per 21 Juni 2020, Kota Tarakan masuk ke dalam 36 kota/kabupaten peralihan dari zona merah ke zona kuning.

Hal ini disampaikan oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr Devi Ika Indriarti saat pers rilis perkembangan covid-19 di kota Tarakan, Minggu (26/7/2020).

"Sekarang ini kan kita masih masuk dalam zona kuning ya," ujar dr Devi Ika Indriarti.

Diketahui, indikator pelonggaran pembatasan sosial ditentukan berdasarkan 3 kriteria penilaian, salah satunya yakni terkait epidomologi.

"Untuk fasilitas kesehatan ada skor yang harus dicapai untuk masuk dalam kategori zona hijau, itu skornya minimal 70," ujarnya.

Baca juga: Traveler Harus Tahu, Inilah 7 Tipe Penumpang yang Diam-diam Diperhatikan Oleh Pramugari

Baca juga: Virus Corona Terbukti Bukan dari Laboratorium Wuhan, Ini Tuntutan Ilmuwan China kepada Donald Trump

Sementara, saat ini skor untuk Kota Tarakan, kata dr Devi Ika Indriarti, berada di angka 76,6.

Kemudian, jika selama 2 minggu Kota Tarakan berhasil menghentikan transmisi lokal secara berturut-turut (tidak ada penambahan kasus covid-19), maka Kota Tarakan akan masuk zona hijau.

Namun, apabila kasus covid-19 tidak dapat dikendalikan, maka Kota Tarakan akan melakukan kebijakan rem darurat atau emergency break policy.

"Alhamdulillah, hari ini kan tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif covid-19 ya. Mudah-mudahan saja selama 2 minggu ke depan kita tidak mendapatkan kasus baru lagi," ucapnya. (*)

Baca juga: Jadwal Uji Coba Vaksin Covid-19 Asal China ke Ribuan Relawan di Indonesia, Gandeng PT Bio Farma

Baca juga: Perjalanan Dinas Sang Ayah Berujung Duka, Satu Keluarga Positif Covid-19, 2 Orang Akhirnya Meninggal

Penulis: Risnawati
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved