Breaking News:

Gugus Tugas Tarakan Terbitkan Panduan Pencegahan Covid-19 di Area Perkantoran

Sehubungan dengan meningkatnya transmisi penularan covid-19 di tempat kerja yang ada di beberapa daerah di Indonesia, perlu kiranya kita tingkatkan ke

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
dr devi ika indriarti, Jubir Gugus Tugas Tarakan mengatakan gedung perkantoran, tempat-tempat pertemuan dalam rangka kedinasan di kota Tarakan perlu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 . 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Sehubungan dengan meningkatnya transmisi penularan covid-19 di tempat kerja yang ada di beberapa daerah di Indonesia, perlu kiranya kita tingkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 di gedung-gedung perkantoran.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 kota Tarakan, dr Devi Ika Indriarti mengatakan, tak hanya gedung perkantoran namun juga pada tempat-tempat pertemuan dalam rangka kedinasan di kota Tarakan.

"Panduan ini mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian covid-19 di tempat kerja, perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi," ujar dia dalam press release perkembangan covid-19 di Kota Tarakan, Selasa (28/7/2020).

Dia menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai risiko dan potensi paparan covid-19, mulai dari area lingkungan umum selama perjalanan, rekan kerja, dan hubungan dengan pelanggan serta potensi terpapar dengan riwayat perjalanan dari dan ke daerah terinfeksi penyakit covid-19.

Maka dengan segala risiko dan potensi tersebut, perlu kiranya mengenali, menilai dan menentukan risiko pekerjaan, pengelompokan pekerja berisiko dengan melihat:

Risiko pajanan rendah merupakan pekerjaan yang aktivitas kerjanya tidak sering berhubungan/kontak dengan publik (pelanggan, klien atau masyarakat umum) dan rekan kerja lainnya.

Risiko pajanan sedang merupakan pekerjaan yang sering berhubungan/kontak dengan masyarakat umum, atau rekan kerja lainnya, pengunjung, klien atau pelanggan, atau kontraktor.

Risiko pajanan tinggi merupakan pekerjaan atau tugas kerja yang berpotensi tinggi untuk kontak dekat dengan orang-orang yang diketahui atau diduga terinfeksi covid-19 serta kontak dengan benda dan permukaan yang mungkin terkontaminasi oleh virus.

Baca juga: Tak Ingin Bebankan Orangtua, Dinas Pendidikan Balikpapan Beri Pulsa Rp 75 Ribu untuk Gakin

Baca juga: Momentum Tepat Anak JokowiI Maju di Pilkada Solo, Pengamat Sebut Gibran Tak Ingin Ulangi Nasib AHY

Halaman
1234
Penulis: Risnawati
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved