Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Sosialisasi Pemilihan Pilkada Kubar 2020, Bupati FX Yapan Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih

menghadirkan langsung narasumber dari Bawaslu dan KPUD, dengan peserta Petinggi dan BPK se-Kecamatan Melak.

HUMASKAB KUBAR
SOSIALISASI - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten H Achmad Sofyan membuka kegiatan sosialisasipilkada yang digelar Kesbangpol Kubar di Kecamatan Melak, Senin (27/7/2020). Kegiatan serupa sebelumnya digelar di Kecamatan Jempang dan Bongan. 

SENDAWAR - Gelaran Pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat sudah di depan mata. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kutai Barat terus melakukan sosialisasi pentingnya hak pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat tahun 2020.

Sosialisasi tersebut digelar di ruang pertemuan lantai II Kantor Camat Melak, yang menghadirkan langsung narasumber dari Bawaslu dan KPUD, dengan peserta Petinggi dan BPK se-Kecamatan Melak.

Di Kabupaten Kutai Barat, keikutsertaan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya ditargetkan 100 persen. Termasuk para pemilih pemula, yakni kalangan pelajar yang sudah memiliki KTP.

Oleh sebab itu setelah melakukan Kegiatan sosialisasi di kecamatan Jempang dan Bongan kali ini dilanjutkan di Kecamatan Melak yang langsung dibuka Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten H Achmad Sofyan, Senin (27/7/2020).

Lebih lanjut dalam sambutan tertulis Bupati FX Yapan yang dibacakan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten H Achmad Sofyan menuturkan Sosialisasi Pentingnya Hak Pilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat 2020 di Kecamatan Melak diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam merealisasikan suksesnya penyelenggaraan Pemilukada mendatang dengan capaian partisipasi pemilih mencapai 100 persen.

Menyadari pentingnya sosialisasi pentingnya hak pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Barat yang salah satunya didasari oleh Peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas PKPU RI Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Bupati juga mengimbau kepada Camat, Forkopimda Kecamatan, Petinggi, BPK, tokoh agama, pengurus adat dan tokoh masyarakat. Dan untuk diketahui Kecamatan Melak memperoleh hasil persentase jumlah pemilih aktif mencapai 82,67 persen pada Pilres yang lalu.

“Merujuk pada hasil tersebut saya pun berharap, seluruh Peserta hari ini dapat meneruskan informasi hari kepada warganya, dengan giat mengajak masyarakat dan memberikan pemahaman yang tepat, agar mereka mau terlibat aktif dalam memberikan hak suaranya maka saya percaya persentase pemilih aktif akan meningkat di Kecamatan Melak,” ujarnya.

Selanjutnya kepada Kesbangpol, KPU dan Bawaslu kiranya dapat terus mempersiapkan segala tahapan untuk mendukung kelancaran Pemilukada mendatang. Setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk dapat di monitoring dan evaluasi sejauh mana kegiatan ini terlaksana dengan baik dengan melihat tindak lanjut dari kegiatan ini. Kegiatan ini bukan hanya bersifat formalitas biasa tetapi tahapan ini benar-benar memberikan kontribusi nyata dalam suksesnya Pemilukada mendatang.

Setelah mengikuti sosialisasi ini diharapkan pemahaman para peserta bahwa suksesnya penyelenggaraan Pemilukada tentunya menjadi titik awal suksesnya pembangunan berkelanjutan di Kutai Barat. Sebab sejak 2016, Pemkab Kubar beserta jajaran terus mengupayakan pemerataan pembangunan di wilayah Kutai Barat termasuk Kecamatan Melak ini.

“Saya menyadari bahwa mustahil jika kita hanya berdiam diri dirumah tanpa beraktivitas diluar, akan tetapi jika terpaksa harus keluar rumah, maka tanamkanlah kedisiplinan untuk menggunakan masker (Maskermu Melindungiku, Maskerku Melindungmu), Rajin Mencuci Tangan Menggunakan Sabun, Menjaga Jarak di Keramaian, Mengganti Baju Ketika Pulang Dari Berpergian Aktivitas Diluar Rumah,” kata Bupati. (hms10/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved