Breaking News:

Berita Pemkot Tarakan

Ajak Masyarakat Kelola Sampah dengan Konsep 3R, Walikota: Memilah Sampah Jadi Lebih Mudah

Kota Tarakan diketahui telah menerapkan pengeloaan sampah dengan konsep 3R (reuse, reduce dan recycle)

Editor: Achmad Bintoro
HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
SILATURAHMI - Walikota Tarakan dr H Khairul MKes, Rabu (29/7/ 2020) bersilahturahmi dengan para Pengelola Depo 3R/TPS 3R dan Bank Sampah di Ruang Pertemuan Imbaya Pemkot Tarakan. 

TARAKAN - Walikota Tarakan dr H Khairul MKes, Rabu (29/7/ 2020) bersilahturahmi bersama para Pengelola Depo 3R/TPS 3R dan Bank Sampah di Ruang Pertemuan Imbaya Pemkot Tarakan.

Silaturahmi dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Tarakan, Ketua TP PKK Kota Tarakan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan. Silaturahmi ini sendiri digelar guna mendengarkan ide dan masukan dari para pengelola TPS 3R dan KSM di setiap kelurahan.

Kota Tarakan diketahui telah menerapkan pengeloaan sampah dengan konsep 3R (reuse, reduce dan recycle) sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan cara yang sangat mudah dan murah. Kota Tarakan sudah memiliki 8 fasilitas 3R yag telah dibangun bertahap dan pengelolaannya melibatkan masyarakat.

Penerapan konsep 3R ini dapat diterapkan oleh warga setiap hari. Konsep ini memiliki inti yakni reuse (menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainnya).

Reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah), dan recycle (mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat).

Walikota mengungkapkan, pola tersebut dijalankan dengan harapan tidak hanya mengurangi kuantitas sampah dari sumbernya, tetapi juga memberikan pembelajaran kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Ia kembali mengajak agar Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di setiap kelurahan dapat membantu sosialisasi pola hidup bersih. Sehingga masyarakat memilah sampah sebelum di buang.

"Dengan cara ini dapat memudahkan TPS 3R dalam memilah yang mana sampah yang bisa di gunakan mana yang langsung di buang ke Tempat Pembungan Akhir (TPA) membuang sampah," ucapnya. (adv/jnh)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved