Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Jalan Antarkampung Sudah Tehubung, Bupati: Maratua Satu-atunya Kecamatan Termaju Infrastrukturnya

“Kalau dulu di sini termasuk daerah yang sangat terpencil karena jauh dari ibu kota kabupaten serta pulau-pulau di sekitarnya.

HUMASKAB BERAU
INFRASTRUKTUR JALAN - Infrastruktur jalan di Pulau Maratua, Kabupaten Berau. Pemkab berusaha untuk terus memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar di daerah destiasi pariwisata andalan Kaltim ini, mulai jalan, listrik hingga air minum. 

TANJUNG REDEB - Sebagai destinasi wisata unggulan sekaligus pulau terluar Pulau Maratua mendapatkan perhatian besar dari pemerintah. Tak hanya pemerintah daerah, tapi pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian menjadikan Maratua sebagai prioritas.

Bupati Muharram pun mengakui bahwa Maratua menjadi satu-satunya kecamatan yang paling maju dari sisi infrastruktur di Bumi Batiwakkal. Di Maratua juga telah terbangun jalan aspal yang menghubungkan seluruh kampung.

“Kalau dulu di sini termasuk daerah yang sangat terpencil karena jauh dari ibu kota kabupaten serta pulau-pulau di sekitarnya. Tapi sekarang justru Maratua lah yang lebih maju dari sisi infrastruktur,” ujarnya.

Beberapa infrastruktur pun dipenuhi untuk mendukung Pulau Maratua. Seperti pembangunan bandara dan dermaga. Termasuk air bersih dan listrik yang akan dibangun bertahap. Seperti listrik, yang sudah masuk dalam program pembangunan PT PLN. Mulai dari pembangunan jaringan hingga instalasi ke seluruh rumah masyarakat termasuk resort yang ada di sana.

“Sekarang ini sudah ada jaringan, kita akan koordinasi lagi ke PLN terkait penyaluran listrik ke rumah-rumah masyarakat,” jelasnya.

Begitu juga dengan pemenuhan air minum. Pemerintah daerah mulai melakukan evaluasi terkait pemanfaatan air minum di sana. Apalagi saat ini sudah ada instalasi pengolahan air minum dengan kapasitas 2,5 liter per detik. “Kita akan penuhi bertahap seluruh infrastruktur yang ada di Maratua,” tegas Muharram.
Pemenuhan ini disampaikannya untuk memberikan dukungan dalam pengembangan sektor pariwisata. Dimana Maratua saat ini telah memiliki master plan pengembangan pariwisata yang bekerja sama dengan negara Seychelles. Tentu pemenuhan fasilitas dasar menjadi bagian dalam program pengembangan ini agar dipenuhi secepatnya. Sehingga dapat mendukung penuh pembangunan pariwisata di sana.
Muharram menegaskan bahwa Maratua kedepannya akan menjadi kecamatan yang sangat berkembang dan maju pesat. Tentu diharapkan juga agar masyarakat dapat bersiap pada saatnya nanti. Dengan membekali diri dan meningkatkan kemampuannya masing-masing. Sehingga dapat bersama-sama menikmati kemajuan Maratua. “Mulai sekarang kita tingkatkan kapasitas. Hal ini juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan sektor pariwisata nantinya,” pungkasnya. (hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved