Pilkada Kaltara

KPU Kaltara Rencanakan Debat Cagub-Cawagub Tiga Kali, Sudah Survei Panelis

KPU Kaltara merencanakan debat publik bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara sebanyak tiga kali.

Penulis: Risnawati | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO, RISNAWATI
Haryadi Hamid, KPU Kaltara 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- KPU Kaltara merencanakan debat publik bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara sebanyak tiga kali.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Kaltara Divisi Sosilisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Haryadi Hamid,  usai melaksanakan survei di Universitas Borneo Tarakan atau UBT, Rabu (29/7/20)

"Tiga kali itu akan ada variasi-variasi dari setiap debat ke debat yang lain. Mungkin dari sisi kombinasi pasangan calonnya, lalu kemudian terkait dengan setting tempat, akan berpindah-pindah," beber Haryadi Hamid.

Bisa saja, kata dia, untuk settingan debat nantinya dilaksanakan dua kali di daerah satu kali di pusat.

Dalam hal itu, KPU Kaltara mempersiapkan, ada dari sisi kebijakan di internal, bahwa untuk panelis diutamakan dari kalangan akademisi.

Tentu, akademisi yang akan banyak diberdayakan itu adalah akademisi di lingkup Provinsi Kalimantan Utara.

Baca juga; Kapolres Tarakan Janji Akan Tingkatkan Pengamanan di Daerah Rawan Jelang Pilkada Kaltara 2020

Baca juga; Pemilihan Gubernur Kalimantan Utara, Norhayati Andris Siap Bertarung di Pilkada Kaltara

"Kita punya stok akademisi di Universitas Borneo Tarakan ( UBT), di Universitas Kaltara, STIE, lalu kemudian STMIK PPKIA, dan kampus-kampus yang lain," sebut dia.

Maka, dalam rangka persiapan itu, sejak jauh-jauh hari, KPU Kaltara melakukan survey.  "Untuk pembagian tim, kami sudah sampai tim yang ke 5 bertugas untuk survey itu," terang dia.

Ada tim yang ke Yogyakarta, Jakarta, Kalimantan Selatan, ke Universitas Borneo dan bersamaan dengan hari ini juga ada tim yang ke Universitas Mulawarman.

"Mungkin sisa 1 tim lagi yaitu tim ke Makassar ataupun ke Palangkaraya, nanti akan menyusun daftar nama-nama calon yang akan kita rekomendasikan sebagai tim panelis, itu diputuskan bersama," tambahnya.

Perlu diketahui, dalam konsep debat ini. Karena menggunakan 3 kali debat, KPU Kaltara bisa melaksanakan debat itu ditahapan kampanye.

"Setelah penetapan pasangan calon, sekitar bulan September, mungkin sudah ada 1 kali debat di situ lalu kemudian di bulan Oktober dan terakhir mungkin di bulan November," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved