Breaking News:

Sakit Tulang Belakang Bawah: Penyebab dan Cara Mengatasinya

SAKIT tulang belakang bisa sangat mengganggu. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialam

istimewa
illustrasi 

SAKIT tulang belakang bisa sangat mengganggu. Karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sekaligus cara mengatasi sakit tulang belakang yang dialami. Rasa nyeri pada tulang belakang bawah sering dikaitkan dengan nyeri punggung bawah (low back pain).

Sakit ini biasanya berhubungan dengan ligament (jaringan ikat) disekitar tulang belakang, saraf, dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini paling banyak terjadi pada orang dewasa usia 30-40 tahun.

Memahami Penyebab Sakit Tulang Belakang Bawah
Ada beberapa faktor dapat meningkatkan risiko sakit tulang belakang bawah. Misalnya, kelebihan berat badan, hamil, merokok, stress atau depresi, serta konsumsi obat-obatan yang dapat mepengaruhi kondisi tulang, misalnya kortikosteroid.

Gejala sakit tulang bekang bawah dapat dirasakan berupa rasa nyeri, kebas dan mati rasa yang mnejalar pada satu kaki, nyeri sendi taua terasa kaku ketika berjalan pada pagi hari, dan lain-lain. Rasa sakitnya membuat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sakit tulang belakang bawah antara lain :

1. Mengalami ketegangan otot
Ketegangan otot (muscle strain) atau juga sering disebut "keseleo/terkilir" biasanya terjadi saat mengangkat beban berat yang salah atau gerakan secara tiba-tiba. Lain dari itu, ketegangan juga bisa dihasilkan dari aktivitas yang berlebihan saat bekerja.

Timbul gangguan pada struktur tulang belakang
Misalnya masalah pada cakram tulang belakang, artritis (radang tulang dan persendian), osteophorosis (pengeroposan tulang), atau lengkung tulang belakang yang abnormal seperti scoliosis.

2. Menderita penyakit tertentu
Penyebab lainnya bisa juga datang karena kondisi penyakit tertentu, seperti diantaranya penyempitan kanal tulang belakang (stenosis spinal), degenerative spondylolisthesis, hilangnya fungsi saraf disumsum tulang belakang bagian bawah atau disebut cauda equine syndrome, infeksi jamur atau bakteri pada tulang belakang, dan juga kanker pada tulang belakang. Atau untuk memastikan penyebab penyakitnya dapat menggunakan CT scan.

Cara Mengatasi sakit tulang belakang
Pengobatan sakit tulang belakang bawah tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan :
Obat pereda nyeri. Misalnya paracetamol dapat membantu meringakan rasa sakit untuk jangka pendek. Selalu konsultasikan dosis dan durasi konsumsi obat ini dengan dokter.

Pemberian obat seperti antidepresan ataupun beberapa jenis narkotik untuk mengobati sakit tulangbelakang yang sudah kronis. Namun, harus selalu dilakukan dibawah pengawasan dokter.

Suntikan antiradang, misalnya obat jenis kortikosteroid, dapat diberikan jika sakit tulang belakang terasa menjalar sampai ke kaki dan tidak ampuh dengan obat pereda nyeri yang lain.

Operasi tulang belakang merupakan pilihan paling akhir jika pengobatan lain tidak berhasil., ataupun jika rasa sakit sangat parah sehingga penderitanya tidak dapat tidur atau beraktivitas.

Penderita disarankan untuk dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter sebelum menjalani motedo pengobatan apapun untuk penyembuhan tulang belakang bawah, tetaplah berusaha bergerak aktif untuk membantu pemulihan.
Lakukan gerakan tanpa tergesa-gesa dan tidak memaksa tubuh. Berkonsultasilah ke dokter saraf atau dokter ortopedi untuk tindakan penanganan sakit tulang belakang bawah yang paling tepat. (*)

Oleh: dr. Fidelya Christy Aritonang

Tags
Opini
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved