Breaking News:

Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Pelaksanaan Salat Id di Balikpapan Bakal Terapkan Protokol Kesehatan

Angka kasus positif covid-19 terus bertambah di Kota Balikpapan sehingga menjadi penyumbang kasus corona tertinggi di Kaltim. Kondisi ini berpengaruh

TRIBUNKALTIM.CO
Ilustrasi salat berjamaah yang diadakan di masjid At-Taqwa Balikpapan selama pandemi covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Angka kasus positif covid-19 terus bertambah di Kota Balikpapan sehingga menjadi penyumbang kasus corona tertinggi di Kaltim.

Kondisi ini berpengaruh terhadap pelaksanaan salat Idul Adha dan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang baka digelar Jumat (31/7/2020) besok.

Pemerintah Kota Balikpapan mengimbau agar kegiatan ibadah dan penyembelihan hewan kurban wajib menerapkan protokol kesehatan.

Jelang Idul Adha, kasus positif Virus Corona ( covid-19 ) di Balikpapan terus meningkat.

Tak ayal kondisi ini membuat Pemerintah Kota tak bosan menyerukan protokol kesehatan covid-19 dalam pelaksanaan ibadah salat id dan penyembelihan hewan kurban.

Bahkan Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengimbau agar pelaksanaan kedua kegiatan tersebut kembali dipertimbangkan agar tak menjadi kerumunan, terutama di daerah rawa atau wilayah berstatus zona merah.

"Tolong dipertimbangkan karena ini sangat berpotensi penularan. Kita minta lurah melakukan pemberitahuan kepada pimpinan rumah ibadah," ujarnya, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Patut Ditiru! Pemdes Tanggulrejo di Gresik Bantu Siswa Belajar Online, Pasang Internet Gratis

Baca juga: Unit Kerja Nakes RSUD AWS Samarinda Positif Covid-19 Langsung Diisolasi

Oleh karena itu, Pemerintah Kota juga akan mengambil langkah nyata. Sebagaimana langkah pengamanan, pihaknya akan melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan covid-19.

Wakil Ketua I Gugus Tugas Covid-19 Balikpapan Dandim 0905 Balikpapan Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengatakan, ini dilakukan di beberapa titik tempat pelaksanaan salat Idul Adha akan digelar.

"Kita harap masyarakat sadar bukan karena penekanan pemerintah. Sehingga apapun langkah yang diambil ini demi melindungi masyarakat. Jangan panik tapi harus waspada," ucapnya. (*)

Baca juga: Idul Adha 2020/1441 H - Bacaan Niat, Tata Cara Shalat dan Khotbah, Sendiri atau Berjamaah

Baca juga: Pakistan Mengalami Lonjakan Kasus Covid-19, Menteri Kesehatannya Mengundurkan Diri

Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved