Breaking News:

Perkuat Pembelajaran Daring, MTs N 1 Balikpapan Gelar Seminar Strategi Pembelajaran Berbasis IT

Meningkatkan wawasan dan keilmuan guru MTS Negeri 1 Balikpapan, Kamis (30/07.2020) digelar seminar dengan tema “Strategi Pembelajaran Berbasis IT.

HO
Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan Drs H Alfi Taufi, MM didampingi Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan, Roihanun, BA, S Ag hadir dalam seminar dengan tema “Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (IT), Research Dan Karakter “ yang dikuti 25 peserta. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Meningkatkan wawasan dan keilmuan guru MTS Negeri  1   Balikpapan, Kamis (30/07.2020) digelar seminar dengan tema “Strategi  Pembelajaran   Berbasis   Teknologi Informasi (IT),  Research  Dan  Karakter “ yang dikuti  25 peserta.

Jumlah peserta dibatasi oleh panitia, mengingat masih masa pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan seminar tetap mengikuti protokol kesehatan, yakni jaga jarak, semua peserta mengenakan masker dan disediakan tempat cuci tangan.

Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan, Ibu Roihanun, BA, S Ag dalam sambutannya mengatakan, peranan teknologi  informasi   bagi guru madrasah  sangat penting  untuk meningkatkan dan memudahkan  pemahaman sains  keilmuan dan keimanan peserta didik.

Menyadari hal itu MTs N 1 Balikpapan melaksanakan kegiatan seminar pendidikan di madrasah. Beberapa hal yang menjadi latar belakang diadakan seminar ini adalah kondisi zaman yang menuntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi.

MTS Negeri  1   Balikpapan, Kamis (30/07.2020) digelar seminar dengan tema “Strategi  Pembelajaran   Berbasis   Teknologi Informasi (IT),  Research  Dan  Karakter “ yang dikuti  25 peserta.
MTS Negeri 1 Balikpapan, Kamis (30/07.2020) digelar seminar dengan tema “Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (IT), Research Dan Karakter “ yang dikuti 25 peserta. (HO)

“Terutama di masa pandemi saat ini kita dituntut untuk bisa menguasai berbagai apliksi guna menunjang kegiatan pembelajaran  online (daring),” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk  membuka wawasan agar tidak selalu beraada di zona aman. Serta menyiapkan diri terkait denga wacana menjadikan MTs  N egeri 1 sebagai madrasah riset.  

Untuk itu Roihanun meminta agar seluruh peserta dapat mengikuti kagiatan seminar dengan serius untuk meningkatkan kom etensi tenaga pendidik.

Kepala Kementerian Agama Kota Balikpapan Drs  H  Alfi  Taufi,  MM dalam pemaparannya menjelaskan,  dicabutnya SK Walikota Balikpapan yang mengizinkan tatap muka pembelajaran bagi RA dan MI kelas baru.  

Gugus Tugas Covid-19 tidak mengizinkan diadakannya pembelajaran secara tatap muka karena anak-anak usia RA dan kelas 1 SD berada di usia rawan terinfeksi wabah.  Untuk itu tenaga pendidik dituntut untuk menguasai teknologi untuk pembelajaran jarak Jauh.

“Perlu guru yang kreatif tidak mengajar secara tekstual dan hanya berpaku pada buku paket. Tapi perlu memperkaya keilmuan dengan berbagai literasi,” ujarnya.  

Sementara, narasumber,  DR. Drs.H.Sartono, MM.CHt,  Praktisi /Trainer  Pendidikan  Islam menyatakan, peran audio sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan otak siswa. Pelaksanaan riset di madrash oleh guru sebenarnya hal yang sangat mudah.

Yang dibutuhkan menurutnya, pertama mencari masalah, kemudian masalah yang ditemukan dibuat dalam suatu rumusan masalah dengan menyebutkan faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah dan solusi pemecahannya dengan menggunakan bebrapa metode penelitian antara lain Studi kasus.

“Semua guru wajib memiliki materi pembelajaran dalam bentuk power point yang menarik dan inovatif.  Karena 1 gambar dalam sebuah power point dapat mewakili seribu kata,” tuturnya. 

MTS Negeri  1   Balikpapan, Kamis (30/07.2020) menggelar seminar dengan tema “Strategi  Pembelajaran   Berbasis   Teknologi Informasi (IT),  Research  Dan  Karakter “ .
MTS Negeri 1 Balikpapan, Kamis (30/07.2020) menggelar seminar dengan tema “Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (IT), Research Dan Karakter “ . (HO)

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat power point pembelajaran yaitu : visual, audio visual dan kinestetik. (gambar yang menarik, pewarnaan, kombinasi tulisan, musik pengiring/suara, tampilan gambar bergerak).(*)

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved