Breaking News:

Akibat Covid-19 Stok Darah se Kaltim Menipis, Hari Lebaran PMI Tetap Buka Layanan Donor Darah

Menipisnya pasokan kebutuhan stok darah di Kalimantan Timur ( Kaltim), membuat PMI tetap membuka layanan donor darah di hari raya Idul Adha 1441 H/202

TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO.
DONOR DARAH-Masyarakat donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Samarinda; Kamis(18/6/2020 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA - Menipisnya pasokan kebutuhan stok darah di Kalimantan Timur ( Kaltim), membuat PMI tetap membuka layanan donor darah di hari raya Idul Adha 1441 H/2020, Jumat (31/7/2020) hari ini.

Layanan pun dibuka mulai pukul 08.00 - 20.00 Wita di UTD PMI Provinsi Kaltim dan PMI Kota Samarinda, Jalan Palang Merah Indonesia, Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu.

Petugas PMI Provinsi Kaltim, Wahyu Dwi Cahyono menjelaskan, saat ini ketersediaan stok darah sangatlah menipis, hal ini terjadi tidak hanya di Samarinda saja, namun terjadi diseluruh Kabupaten dan Kota se Kaltim.

"Stok darah sangat tipis, ini terjadi diseluruh UTD PMI se Kaltim. Makanya kami berharap masyarakat berkenan datang ke PMI untuk mendonorkan darahnya," ucap pria yang akrab disapa Gowank itu kepada Tribunkaltim.co, Jumat (31/7/2020).

"Ya, hari ini kami tetap buka layanan. Kalau untuk urusan darah PMI tidak ada liburnya. Untuk hari ini ada sekitar enam personel yang bertugas," sambungnya.

Baca Juga:Dealer Auto 2000 Cabang MT Haryono Balikpapan Gelar Donor Darah, Pelanggan Rasakan Manfaatmya

Baca Juga:Ketagihan Donor Darah Suparman Mengaku Jika Enggak Donasi Badan Loyo, Kerja Tidak Semangat, 145 Kali

Lanjut Gowank menjelaskan, saat ini stok darah yang tersisa hanya diperuntukan untuk keperluan yang sangat mendesak saja.

Karena stok darah sangat sedikit, warga yang membutuhkan darah agar datang ke PMI dengan membawa serta pendonor, sebagai pengganti darah yang diperlukan.

"Kita terapkan donor darah pengganti. Misalnya perlu empat kantong, kami bantu setengah saja, setengahnya lagi cari pendonor pengganti," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved