Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Lanjutkan Tradisi Ibadah Kurban, Penyelembelihan Hewan Kurban Dilaksanakan di RPH

Sepeninggal mantan Wakil Bupati Paser ini, tradisi ibadah kurban dilanjutkan putranya, yakni H Fadly Imawan yang juga Wakil Ketua DPRD Paser.

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Sudah menjadi tradisi bagi keluarga HM Mardikansyah almarhum melaksanakan ibadah kurban.

Sepeninggal mantan Wakil Bupati Paser ini, tradisi ibadah kurban dilanjutkan putranya, yakni H Fadly Imawan yang juga Wakil Ketua DPRD Paser.

Jika biasanya pemotongan hewan kurban dilaksanakan di masjid, maka pemotongan hewan kurban di masa pandemi Covid-19 ini diarahkan H Fadly Imawan di UPT Rumah Potong Hewan (RPH) di Desa Jone, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

“Kita disini dalam rangka ibadah kurban sekaligus mengikuti himbauan pemerintah, dalam hal ini Dinas Perkebunan dan Peternakan (DPP) agar penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di RPH, guna meminimalisir kerumunan banyak orang di masa pandemi Covid-19,” kata Fadly Imawan.

Pada kesempatan menyaksikan penyembelihan hewan kurbannya, Fadly Imawan mengaku sempat berbincang dengan Kepala UTD RPH tentang peralatan RPH yang perlu ditingkatkan, sehingga mempercepat pelayanan RPH terhadap masyarakat.

“Kalau kita lihat dari jumlah hewan yang dipotong, tentunya sangat menguras energy petugas RPH. Ini hasil kami berbincang dengan Kepala RPH, semoga peralatan RPH bisa diprioritaskan untuk ditingkatkan agar pelayanan RPH kedepan lebih baik lagi,” ucapnya.

Setelah hewan kurban dipotong dan dikuliti di RPH, tambah Fadly Imawan, selanjutnya dibawa ke DPD Golkar Paser untuk dipotong-potong, dikemas dan dibagikan kepada masyarakat. “Selamat Hari Raya Idul Adha, mohon maaf lahir dan batin,” kata Fadly Imawan menambahkan.

Seperti diberitakan, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner (Keswan Kesmavet) DPP Paser drh Habib mengatakan bahwa DPP memfasilitasi penyelembelihan hewan kurban di RPH, baik yang dilaksanakan oleh rumah ibadah maupun kelompok masyarakat.

“Fasilitas ini kami berikan untuk meminimalisir resiko terjadinya kerumunan banyak orang pada saat penyelembelihan hewan kurban, sekaligus membantu meringankan tugas panitia karena tinggal memotong jadi bagian kecil-kecil, dikemas dan dibagikan ke warga,” kata Habib. (*)

IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Penulis: Sarassani
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved