Breaking News:

Idul Adha

Masjid Ar-Rasyidin Loa Bakung, Sembelih Hewan Kurban Sebanyak 27 Sapi dan Satu Kambing

Masjid Ar-Rasyidin di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang laksanakan penyembilah hewan kurban, Sabtu (1/8/2020).

TRIBUNKALTIM.CO, M RIDUAN
Proses penyembelihan hewan kurban, di Masjid Ar-Rasyidin di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, Sabtu (1/8/2020). 

TRIBUN KALTIM.CO, SAMARINDA - Masjid Ar-Rasyidin di Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang laksanakan penyembilah hewan kurban, Sabtu (1/8/2020).

Setelah pada hari sebelumnya Jumat (31/7/2020) menjalankan Salat Idul Adha 1441 Hijriah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Koordinator seksi ibadah, H Muhammad Aris mengatakan pada waktu pelaksanaan salat berjalan dengan lancar.

“Ibadah sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan. Kondisinya Alhamdulillah kita mengikuti anjuran pemerintah seperti protokol kesehatan. Alhamdulillah di sini kita aman-aman saja,” ujarnya.

Ia membeberkan bahwa pada tahun ini, dibalik pandemi covid-19 ini tidak mengalami penurunan jumlah hewan kurban khususnya sapi.

Baca juga; Bisa di Praktekkan, Agar Tidak Cepat Basi, Ini Cara Mudah Menyimpan Lauk Sisa Makanan Idul Adha

Baca juga; Resep Aneka Sate untuk Idul Adha dari Sate Padang, Sate Kambing Dabu-dabu hingga Sate Daging Sapi

“Kalau kemarin jumlah sapi 26 ekor, tahun ini alhamdulillah 27 ekor. Tahun ini ada satu ekor sapi sumbangan dari Pak Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi. Kalau untuk kambing satu ekor,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada proses penyembelihan hewan kurban pihak pengurus masjid akan melibatkan pihak Rukun Tetangga (RT) setempat untuk membagikan daging kurban ke masyarakat sesuai dengan wilayahnya.

“Kita melibatkan RT. Jadi RT yang akan ambil sesuai jumlah data warganya. Yang ngambil sendiri kita dibantu aparat kepolisian. Itu nanti akan kita atur bagaimana cara agar tidak berkumpul,” ungkapnya.

Baca juga; Habis Santap Daging Saat Idul Adha, Ini 8 Jenis Buah-buahan yang Ampuh Turunkan Kolesterol

“Alhamdulillah juga kita punya halaman masjid yang cukup besar. Jadi nanti caranya kita atur 10 sampai 20 orang saja yang masuk bergantian. Kita tentukan juga kuponnya pakai jam. Kemudian loket pengambilan kita lebihkan, yang biasa 2 jadi 4 sampai 5 loket supaya orang tidak berkumpul,” sambungnya.

Dikabarkan juga, bahwa pengurus masjid menutup seluruh pintu masuk masjid, sehingga warga sekitar hanya melihat pemotongan sapi dari luar pagar.

“Tenaga panitian lebih dari 100 orang. Mulai dari penerimaan sapi, perawatan sapi, keamanan petugas pemotongan dan lain-lain,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved