Wakil Ketua Advokasi YLBHI Angkat Bicara Terkait Kasus 3 Aktivis di Samarinda Kaltim

Tiga aktivis dari Walhi dan LBH Samarinda diduga menjadi korban salah sasaran petugas medis dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Samarinda

TRIBUNKALTIM.CO, JINO PRAYUDA KARTONO
Wakil Ketua Advokasi YLBHI Era Purnama Sari 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tiga aktivis dari Walhi Kaltim dan LBH Samarinda diduga menjadi korban salah sasaran petugas medis dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Samarinda. 

Hal tersebut diutarakan Wakil Ketua Advokasi YLBHI Era Purnama Sari melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (1/8/2020)..

Era Purnama Sari menyayangkan aksi yang dilakukan oleh oknum yang mengaku dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Samarinda Jumat (31/7/2020) kemarin. 

Ia melihat adanya kelalaian petugas khususnya petugas medis ketika menjemput ketiga aktivis tersebut. Kelalaian tersebut terlihat dari minimnya penggunaan alat pelindung diri. Bahkan petugas dari Satpol hanya mengenakan faceshield dan tidak mengenakan baju hazmat.

Selain itu ia melihat selama pandemi Covid-19 ini pemerintah seperti sangat minim memperhatikan hak-hak pasien. Salah satu hak pasien adalah kejelasan status atau bukti surat tertentu jika memang positif Covid-19.

Baca juga; Terkait Jemput Paksa 3 Aktivis, Ini Tanggapan Sekretaris Gugus Covid-19 Samarinda Sugeng Chairuddin

Baca juga; 3 Aktivis Dikabarkan Positif Covid-19 Tanpa Gejala, Dinkes Samarinda Berikan Penjelasan

Ia pun menduga jika Ada oknum yang menggunakan kesempatan pandemi ini untuk melumpuhkan para aktivis dengan mengatasnamakan Covid-19. "Banyak sekali kejanggalan. Dalam kasus ini jangan-jangan ada kekuatan yang menggunakan isu Covid," ucap Era Purnama Sari.

Berita sebelumnya tiga aktivis dari Walhi Kaltim dan LBH Samarinda diamankan petugas dari Satpol PP dan Dinas Kesehatan di Kantor Walhi Kaltim, Jumat (31/7/2020) malam. Mereka diminta untuk segera melakukan isolasi di rumah sakit I A Moeis Samarinda karena diduga positif Covid-19.

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved