Breaking News:

Gaya Hidup

Idul Adha 2020 Dirayakan saat Pandemi Covid-19, Inilah Wujud Semangat Berkurban ala Milenial

Idul Adha 2020 Dirayakan saat Pandemi Covid-19, Inilah Wujud Semangat Berkurban ala Milenial

HO/DOK PRIBADI
Para milenial yang tergabung dalam Rumah Zakat memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan saat Idul Adha 2020. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Idul Adha 2020 Dirayakan saat Pandemi Covid-19, Inilah Wujud Semangat Berkurban ala Milenial

Perayaan Hari Raya Idul Adha bagi umat Islam jatuh pada akhir Juli 2020. Pada Hari Raya Idul Adha, ada penyembelihan hewan kurban. Di Indonesia, biasanya sapi dan kambing.

Setelah hewan kurban disembelih, hasilnya akan dimasukkan ke dalam kantong-kantong kecil untuk dibagikan kepada mereka yang berhak.

Dalam situasi pandemi virus corona seperti saat ini, akan ada penyesuaian yang diterapkan dalam pelaksanaan kurban tahun ini.

Tujuannya, agar ibadah dapat dijalankan dengan tetap meminimalisir potensi terjadinya penularan Covid-19 karena meningkatnya aktivitas dan interaksi antar-masyarakat saat pelaksanaan kurban.

Berkurban di tengah pandemi memiliki keistimewaan lebih. Dalam masa ini, sebagian besar orang mengalami kesulitan secara ekonomi, namun mereka yang tetap berkurban dalam kondisi yang sempit dinilai menjadi sebuah keistimewaan.

Seperti yang kerap dilakukan salah satu lembaga sosial di Indonesia, yakni Rumah Zakat.

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

"Walaupun kita sedang di uji melalui wabah penyakit Covid-19, tapi tidak mengurangi makna bersyukur kita melalui ibadah kurban," ujar Branch Manager Rumah Zakat Balikpapan, Siti Marwah.

Rumah zakat berisi pemuda-pemudi milenial yang memiliki jiwa sosial sangat tinggi. Di Balikpapan, terdapat 6 orang yang tergabung dalam Tim Rumah Zakat.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved