Breaking News:

Zonasi dan Manajemen Tata Kelola Pantai Amal Tarakan Belum Maksimal, Butuh Regulasi yang Spesifik

Pantai Amal Tarakan Provinsi Kalimantan Utara sejauh ini belum ada penataan, belum ada manajemen tata kelola secara baik, Minggu (2/8/2020)

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Pantai Amal Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Perda terkait tata ruang yang mengatur tentang kawasan Pantai Amal Tarakan. Namun tentu masih perlu dibuat secara spesifik. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Pantai Amal Tarakan Provinsi Kalimantan Utara sejauh ini belum ada penataan, belum ada manajemen tata kelola secara baik, Minggu (2/8/2020).

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Tarakan, Agustina kepada TribunKaltim.co

Apa yang harus dilakukan masyarakat dan apa yang harus dilakukan pemerintah.

Hal ini tentu perlu adanya regulasi supaya semua tahu fungsi masing-masing, fungsi masyarakat sebagai apa kemudian pemerintah sebagai apa ke depannya.

Pendaftaran Anggota PPS Kota Tarakan Sisa Dua Hari, Kelurahan Pantai Amal Nihil Pendaftar

TRIBUN TRAVEL Pemkot Tarakan Anggarkan Rp 60 MilIar Bangun New Pantai Amal, Ada Hotel dan Masjid

"Misalnya (Dinas) Perikanan kan mungkin mereka yang membidangi usaha rumput laut itu," ujar Kepala Dinas Pariwisata kota Tarakan, Agustina. 

"Nah itu mungkin nanti ke depannya juga sudah harus membuat penataan baru, zona-zona mana yang di perairan itu boleh untuk rumput laut mana yang tidak," sambung dia.

Menurut dia, seharusnya sudah diatur terkait penataannya, peruntukan pariwisata yang mana dan peruntukan untuk budidaya rumput laut di mana.

Pembersihan Pantai Amal. Kebersihan Pantai Amal Tarakan Provinsi Kalimantan Utara dinilai belum terkelola secara baik. Masih ditemukan adanya sampah dan kotoran sapi di beberapa titik tertentu.
Pembersihan Pantai Amal. Kebersihan Pantai Amal Tarakan Provinsi Kalimantan Utara dinilai belum terkelola secara baik. Masih ditemukan adanya sampah dan kotoran sapi di beberapa titik tertentu. (TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI)

"Pak Wali (Walikota Tarakan, dr Khairul) kan mengkonsepkan pantai amal itu sebagai kawasan wisata tapi secara formal kan memang belum terbit aturan. Sehingga ke depannya nanti diatur semua," jelasnya.

Sekarang ini, kata dia, Perda terkait tata ruang yang mengatur tentang kawasan Pantai Amal Tarakan. Namun tentu masih perlu dibuat secara spesifik tentang pengaturan aktivitas di kawasan Pantai Amal yang nanti dikembangkan ini.

"Jadi masyarakat itu boleh bermukim di mana kemudian aktivitas nelayan di mana dengan rumput lautnya, dan aktivitas pariwisata itu sendiri di mana," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Risnawati
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved