Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Bupati-Wabup Bersama Ribuan Jamaah Ikuti Salat Idul Adha di Masjid Agung Tanjung Redeb

Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, mengikuti salat idul adha berjamaah, Jumat (31/7/2020).

HUMASKAB BERAU
SALAT IDUL ADHA - Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo serta jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) hadir dan berbaur bersama masyarakat mengikuti salat id Hari Raya Kurban di Masjid Agung Tanjung Redeb, Jumat (31/7/2020). Ini masjid terbesar di Bumi Batiwakkal. 

TANJUNG REDEB - Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, mengikuti salat idul adha berjamaah, Jumat (31/7/2020).

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mulai mengenakan masker hingga menjaga jarak dilakukan, mengingat perayaan idul adha tahun ini berada dimasa pandemic covid-19.

Bupati Berau, Muharram dan Wakil Bupati, Agus Tantomo, serta jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) hadir dan berbaur bersama masyarakat merayakan hari raya kurban di masjid terbesar di Bumi Batiwakkal ini.

Bupati Muharram menjadi khotib Salat Idul Adha. Dalam khutbahnya, Bupati Muharram menyampaikan keteladanan Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS, yang dengan kekuatan keimanannya telah melaksanakan segala perintah Allah SWT. Muharram menyampaikan pesan mengenai hari raya Idul Adha yang menjadi momentum mengembalikan kesucian spritual, untuk mengasah kepedulian sosial melalui berkurban.

Selain itu Muharram juga mengatakan, bahwa sejarah Idul Adha penuh pengorbanan yang diawali dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, menyerahkan diri kepada Allah, yang diluar nalar manusia. Dari peristiwa tersebut ada beberapa penjabaran yang harus dimaknai oleh umat muslim, yang sabar, ikhlas, mampu melawan hawa nafsu, dan rela berkorban demi perintah Allah SWT.

“Khususnya dimusim pandemi Covid-19 ini, mengubah tantanan dan kebiasaan kehidupan umat manusia, dalam menjalankan ibadah, dengan menerapkan protokol kesehatan, rajin mencuci tangan, mengunakan masker, menjaga kebersihan, kesehatan dan rajin berdoa kepada Allah SWT, agar Covid-19 segera dilenyapkan di Indonesia,” ungkapnya.

Hakikat kurban disampaikannya adalah bagian dari rasa syukur atas nikmat Allah SWT yang selama ini dirasakan, antara lain nikmatnya mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, lidah untuk berbicara, detak jantung dan nikmat – nikmat lainnya.

“Dengan berkurban, tentu tak sebanding dengan satu kenikmatan yang diberikan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu, setiap muslim yang diberi keluasan rizki oleh Allah SWT, dianjurkan berkurban setiap tahun,” katanya.

Usai pelaksanaan salat idul adha, Bupati Muharram bersama Wakil Bupati, Agus Tantomo, secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada Pengurus Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Berau. Untuk selanjutnya disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak untuk menerima di hari raya kurban tahun ini. (adv/hms9)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved