Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Baru Tersalurkan 24-55 Persen, Pemkab Evaluasi Dana Bansos dan Hibah di Kubar

BKAD dan Bagian Kesrasos mengevaluasi percepatan administrasi pembayaran dana hibah dan bantuan sosial (bansos) tahun 2020.

HUMASKAB KUBAR
RAPAT KOORDINASI - Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan (tengah) bersama Kepala BKAD Kubar Sahadi (kiri) dan Inspektur Kabupaten Kubar, Robertus Bellarminus Belly Djuedi Widodo (kanan), pada Rakor Percepatan Administrasi Pembayaran Dana Hibah dan Bansos 2020, di ruang rapat koordinasi lantai III Kantor Bupati Kubar, Kamis (30/7/2020). 

SENDAWAR- Pemkab Kubar melalui BKAD dan Bagian Kesrasos  mengevaluasi percepatan administrasi pembayaran dana hibah dan bantuan sosial (bansos) tahun 2020.

Hal ini guna mengetahui terkait percepatan serapan anggaran. “Dari catatan yang ada, dana hibah itu masih sekitar 55 persen dan bansos sekitar 24 persen,”kata Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan.

Dia menyampaikan ini, usai Rapat Koordinasi Percepatan Administrasi Pemberian Dana Hibah dan Bansos tahun 2020, di Ruang Rapat Koordinasi Lantai III Kantor Sekkab Kubar, Kamis pekan lalu.

“Kami menyadari ada regulasi baru terkait dengan calon penerima organisasi kemasyarakatan (ormas) dan lembaga. Ada yang berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini ada yang harus disertai Surat Keputusan (SK) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan ada yang hanya yang cukup dengan SK Bupati."

"Oleh karenanya, kami mencoba menyusun rencana untuk percepatan administrasinya, supaya sisa waktu yang ada ini agar bisa dimaksimalkan untuk melakukan inventarisasi yang mana harus di SK kan oleh Kemenkuham dan cukup sampai SK Bupati,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Pj Sekda Achmad Sofyan, pihaknya melihat ada beberapa yang tidak lagi dapat menerima bantuan. Itu sebabnya akan segera dilakukan inventarisasi  untuk penyesuaian pada saat perubahan APBD sehingga bisa dialokasikan sebagai penerima bantuan.

“Itulah yang dilakukan BKAD dan Bagian Kesrasos sebagai leading sector yang menangani hibah dan bansos, dan segera menindaklanjuti serta menyusun rencana aksi untuk percepatan ini. Sehingga memberikan langkah-langkah percepatan untuk memulai dengan schedule untuk memilah mana yang harus diprioritaskan,”ujarnya. (adv/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved