Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

8 Rekomendasi DPRD Atas Serapan APBD Kubar: Merasa Memahami Situasi Covid hingga Harapan

Rekomendasi disampaikan kepada Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Ir H Achmad Sofyan dalam rapat paripurna istimewa II

HUMASKAB KUBAR
RAPAT PARIPURNA - Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten H Achmad Sofyan mengikuti rapat paripurna istimewa II, yang dilaksanakan secara daring atau virtual, Rabu (5/8/2020)/ 

SENDAWAR - DPRD Kabupaten Kutai Barat menyampaikan delapan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat terhadap laporan realisasi semester pertama APBD dan prognosis enam bulan berikutnya tahun anggaran 2020.

Rekomendasi disampaikan kepada Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Ir H Achmad Sofyan dalam rapat paripurna istimewa II DPRD Kubar yang dilaksanakan secara daring di ruang rapat sekda lantai II Kantor Bupati, Rabu (5/8/2020).

Adapun rekomendasi yang disampaikan DPRD Kubar yang dibacakan Potit diantaranya adalah : DPRD sangat memahami situasi pemerintah dimana covid-19 juga sangat berdampak. Oleh karenanya DPRD menerima seluruh laporan realisasi dan prognosis APBD TA 2020 yang disampaikan oleh Bupati.

Kedua, DPRD mengharapkan agar Bupati mendorong Perangkat Daerah yang serapan anggarannya masih rendah. Dipandang perlu untuk segera melakukan evaluasi demi percepatan penyerapan.

Ketiga, DPRD merekomendasikan agar PD terkait khusus Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dapat mengoptimalkan fungsi pengawas internal, sehingga sedini mungkin mengetahui dan menyikapi kelalaian dan kesalahan.

Keempat, direkomendasikan agar pemerintah segera melakukan penyesuaian atau pergeseran belanja yang disesuaikan dengan realisasi pendapatan daerah.

Kelima, agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan dana DBH dalam tahun anggaran 2021 melalui PD terkait.

Keenam, DPRD mendukung usulan dinas pendidikan terkait pengadaan sarana pendukung kegiatan belajar mengajar secara virtual selama masa covid-19. Upaya ke arah tersebut, kiranya segera dapat diwujudkan. Mudah-mudahan akan dapat mengurangi beban anak didik yang bersama para orang tuanya untuk bersama memanggul beban pendidikan sekolah.

Ketujuh, DPRD juga mendukung usulan dinas kesehatan dalam hal ini RSUD HIS terkait penambahan tenaga kesehatan dan pengadaan alat pendeteksi Covid-19 (TCM/PCR).

Dan kedelapan, pada intinya DPRD minta agar seluruh jajaran Pemkab terus tingkatkan sinergi dan partisipan dalam membangun melalui optimalisasi porsi tugas yang disematkan dipundak masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut DPRD mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada anggota pansus dan anggota DPRD yang telah melaksanakan tugas, dan memberikan masukan sehingga rekomendasi dapat diselesaikan. (adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved