Breaking News:

Perkembangan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, KPwBI Kaltara Sebut Berjalan Efisien

Pelaksanaan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (SPBI) melalui layanan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara yang terletak di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Nilai Transaksi BI-RTGS pada bulan Juni 2020 sebesar Rp. 545,48 miliar atau mengalami kenaikan nilai sebesar 42,4 persen, Kamis (6/8/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Pelaksanaan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (SPBI) melalui layanan Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (KPwBI Kaltara) sepanjang bulan Juni 2020 telah berlangsung dengan efisien, aman, andal, dan lancar.

Hal tersebut tercermin dari tingkat ketersediaan (availability) sistem yang mencapai 100% dan tidak terdapat unsettled transaction.

Penyelenggaraan yang berlangsung dengan efesien, aman, andal, dan lancar ini diungkapkan oleh Kepala KPwBI Kaltara, Yufrizal kepada TribunKaltim.co pada Kamis (6/8/20)

Nilai Transaksi BI-RTGS pada bulan Juni 2020 sebesar Rp. 545,48 miliar atau mengalami kenaikan nilai sebesar 42,4 persen.

Bank Indonesia Kaltara Sebut Sasaran Inflasi 2020 3,0±1 Persen

Program UMKM Bangkit Bank Indonesia Balikpapan Bantu Pelaku UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Kemudian volume tercatat sebanyak 594 transaksi atau mengalami peningkatan volume sebesar 36,9% dibandingkan transaksi pada Mei 2020 (mtm).

Di samping itu, nilai transaksi Transfer Dana SKNBI pada bulan Juni 2020 tercatat sebesar Rp457,05 miliar atau meningkat sebesar 30,3 persen.

Bank Indonesia Dorong UMKM, Sektor Informal dan Keuangan Syariah untuk Digitalisasi

Bukan Koin Kelapa Sawit, Uang Logam Bank Indonesia Ini Jadi yang Termahal, Berbahan 35 Gram Emas

Sementara volume transaksi tercatat sebanyak 12.129 transaksi atau mengalami peningkatan sebesar 20,5% dibandingkan transaksi pada bulan Mei 2020 (mtm).

"Pada Juni 2020 terdapat kenaikan transaksi nominal dan volume baik melalui RTGS maupun SKNBI (mtm)," jelasnya.

Uang receh uang logam rupiah.
Uang receh uang logam rupiah. (Tribunkaltim.co/Budi Susilo)

Kondisi ini terjadi karena didorong adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tarakan Kalimantan Utara.

Dan mulai menggeliatnya ekonomi Kaltara serta adanya indikasi perbaikan konsumsi masyarakat serta investasi memasuki masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Gelar Library Talk Bank Indonesia, Kembangkan Kreativitas Lewat Edukasi Daring

Peningkatan aktivitas ini juga ditunjukkan dari data yoy dimana transaksi KPw Kaltara melalui SKNBI mengalami kenaikan untuk nominal sebesar 93% (yoy) dan volume sebesar 28% (yoy).

(TribunKaltim.co/Risnawati)

Penulis: Risnawati
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved