Breaking News:

Pahlawan Bayangan pada Masa Pandemi

MASA pandemi covid-19 telah merengut setiap detik waktu. Hari demi hari terus berganti. Hal itu tidak melunturkan semangat juang dari para guru-guru y

SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
ilustrasi 

MASA pandemi covid-19 telah merengut setiap detik waktu. Hari demi hari terus berganti. Hal itu tidak melunturkan semangat juang dari para guru-guru yang berada di baris terdepan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anak-anak indonesia tak terkecuali shadow teacher.

Siapa yang tahu shadow teacher? Mungkin teman-teman pembaca masih terasa asing dan bertanya dalam benak hati tentang shadow teacher, Dalam program pendidikan inklusi maka muncul salah satu metode untuk mendukung anak berkebutuhan khusus dalam belajar di sekolah umum, yaitu shadow teacher.

Shadow teacher adalah guru pendamping yang bekerja secara langsung dengan anak berkebutuhan khusus selama masa prasekolah dan sekolah dasar baik secara akademik maupun non akademik demi terwujud nya anak berkebutuhan khusus menjadi pribadi yang menjadi lebih baik dan melahirkan bakat serta minat di dalam dirinya.

Pastinya seorang shadow teacher memiliki peran penting bagi perkembangan anak berkebutuhan khusus antara lain memahami berbagai kesulitan belajar serta cara menangani anak berkebutuhan khusus dengan baik dan memungkinkan anak untuk menerima perhatian khusus yang anak butuhkan serta dilatih untuk membantu anak bersosialisasi dengan orang lain dan membantu mereka agar dapat memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru bidang studi.

Itu, shadow teacher (guru bayangan) adalah istilah yang lazim digunakan untuk menyebut mereka yang berperan sebagai pendamping ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Dikenal pula istilah aid teacher (guru bantu) untuk ini. Mereka terdiri dari para profesional, baik yang berlatar studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) maupun guru atau pekerja biasa yang bahkan sama sekali belum pernah mengenal PLB.

Komunikasi seorang shadow teacher juga harus tetap terjalin baik dari pihak sekolah, guru bidang studi, maupun orang tua ABK agar tercipta hubungan yang baik guna memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Menjadi seorang shadow teacher bukanlah sebuah profesi yang mudah, butuh kesabaran, dan keikhlasan dengan mendidik anak berkebutuhan khusus. Banyak rintangan yang dihadapi untuk menjadikan anak didik yang memerlukan perhatian khusus.

Di Amerika, seorang shadow teacher diperkerjakan untuk orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dalam bekerja mendampingi anak mereka di dalam kelas selama berlangsung. Akan tetapi, di sebagian sekolah-sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus yang masih kurang memiliki pemahaman terhadap profesi ini.

Bahkan ada beberapa stigma yang kurang baik bahwa seorang shadow teacher itu merupakan asisten ataupun pembantu bagi anak yang berkebutuhan khusus. Padahal kalau diperhatikan dengan saksama profesi seorang shadow teacher memiliki peran yang sangat penting seperti hal nya seorang guru bidang studi di sekolah. Melalui dedikasi yang tanpa batas, mereka bisa tetap memberikan kesabaran dan dedikasi yang terbaik bagi anak didiknya yang berkebutuhan khusus.

Pelayanan shadow teacher dapat meningkatkan kualitas anak dalam pengalaman belajar di kelas. Para ahli akan membantu anak dalam hal komunikasi, berpartisipasi di kelas, sosialisasi, menunjukkan sopan santun kepada orang lain dan mengontrol perilakunya. Shadow teacher membantu anak berkebutuhan khusus untuk belajar lebih mandiri. Meski guru sekolah merupakan guru utama dalam mengajar di kelas, namun guru tersebut tidak memiliki pelatihan khusus baik dalam bentuk forum diskusi bahkan seminar seperti halnya shadow teacher.

Shadow teacher sendiri bekerja di bawah arahan dari unit yang melayani anak berkebutuhan khusus, guru wali kelas, guru bidang studi serta di bawah pengawasan kepala sekolah. Maka ada tiga tindakan yang perlu diperhatikan bagi seorang kepala sekolah, unit pelayanan ABK, guru serta shadow teacher yang dibutuhkan untuk membuat program inklusi berjalan dengan baik, antara lain:

Halaman
123
Tags
Opini
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved