Breaking News:

Capai Financial Freedom, Harus Jeli Catat Setiap Pengeluaran

Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial.

TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI AM
Chief Executive Officer (CEO)Big Alpha Indonesia, Tirta Prayudha, dalam web seminar yang digelar Pegadaian Kanwil IV Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Financial freedom adalah kondisi di mana seseorang bebas secara finansial.

Dalam artian, keadaan di mana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhannya untuk hidup tanpa harus bekerja sangat keras dan aktif, untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dasar seperti makan atau pun membeli pakaian.

Chief Executive Officer (CEO)Big Alpha Indonesia, Tirta Prayudha, dalam web seminar yang digelar Pegadaian Kanwil IV Balikpapan menyebut, ada beragam pengertian tentang financial freedom, Minggu (9/8/2020).

"Mulai dari bebas utang, bebas liburan ke manapun, dapat memenuhi semua keinginan, hingga tidak perlu lagi bekerja," ungkapnya.

Baca Juga:Titik Terang Kapan Gaji PNS, TNI, Polri Cair, Menteri Keuangan Sri Mulyani Beberkan Kabarnya

Baca Juga:Agar Bisa Menunaikan Ibadah Kurban Setiap Tahun, Berikut ini Tips Mengatur Keuangannya

Ia menyebut, pada dasarnya kebebasan finansial itu adalah kebebasan mengatur hidup sesuai standar hidup yang kita inginkan. Umumnya, orang banyak bilang hidup pas yakni pas ada kebutuhan, ada uangnya.

"Financial freedom, merupakan sebuah tujuan yang baik untuk dicapai. Semua orang bisa meraihnya, Hal itu dapat dimulai dengan financial discipline, itu kata kuncinya," tegasnya.

Discipline financial, lanjutnya, bisa dilakukan dengan financial planning atau merencanakan keuangan.

Hal ini bertujuannya untuk mengatur kondisi keuangan. Financial freedom tidak mungkin bisa dicapai tanpa adanya pengaturan keuangan.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved