Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Dorong Penguatan Pokdarwis, Disparpora Mahulu dan AMAN Kaltim Tandatangani Kerjasama

Kabupaten Mahulu terus berupaya meningkatkan pembangunan di segala bidang, salah satunya sektor pariwisata.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB MAHULU
KERJASAMA - Pj Sekda Mahulu Dr Stephanus Madang menyaksikan penandatanganan kerjasama (Memorandum of Understanding) antara Disparpora Mahulu dengan AMAN Kaltim di ruang rapat I Kantor Bappelitbangda, Rabu (5/8/2020). 

UJOH BILANG - Dalam rangka mendorong penguatan kelembagaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mahakam Ulu (Mahulu) untuk meningkatkan pembangunan sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mahulu menjalin kerjasama dengan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kalimatan Timur.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Disparpora Mahulu dengan AMAN Kaltim, yang disaksikan Pj Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM, di ruang rapat I Kantor Bappelitbangda, Rabu (5/8).

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH dalam sambutannya yang dibacakan Pj Sekda Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM.menyampaikan, sebagai daerah yang masih berusia muda, Kabupaten Mahulu terus berupaya meningkatkan pembangunan di segala bidang, salah satunya sektor pariwisata.

“Hamparan keunikan alam yang dimiliki serta warisan budaya yang khas tetap terjaga hingga saat ini, menjadi faktor pendukung utama Mahulu memiliki potensi pariwisata yang dapat diunggulkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Pj Sekda, dengan ditandatanganinya MoU ini, tentu harapannya dapat mewujudkan pembangunan bidang pariwisata di Kabupaten Mahulu semakin maju.

“Semoga dengan ditandatangani MoU ini, dapat mewujudkan pembangunan pariwisata Mahulu untuk semua sejahtera dan berkeadilan,”harapnya.

Menurut Pj Sekda, dalam meningkatkan pembangunan pariwisata, perlu disadari pada hakikatnya perlu dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan atau stakeholder sektor pariwisata.

“Pemangku kepentingan tersebut terdiri dari tiga unsur yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat, dengan fungsi dan perannya masing-masing. Namun harus tetap bersinergi guna mencapai terwujudnya tujuan dan sasaran pembangunan bidang pariwisata yang telah disepakati bersama,” tandasnya.

Sementara itu, Margereta Seting Beraan Ketua AMAN Kaltim di Mahulu mengatakan, tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk melakukan Penguatan Pokdarwis di lingkungan Pemkab Mahulu.

“Namun perlu diketahui kerjasama ini bukan hanya antara AMAN dan Disparpora saja, namun lintas sektoral melibatkan OPD lain, dalam menyusun rencana atau tindaklanjut ke depannya baik dari segi dukungan insfrastruktur, kebijakan, maupun sinergitas program kerja pengembangan bidang pariwisata di wilayah Kabupaten Mahulu,” bebernya.

Ia melanjutkan, hasil yang diharapkan dari jalinan kerjasama ini yaitu terbentuknya Local Organizer, Pokdarwis yang sudah terbentuk mampu menjadi penggerak bagi pengembangan kepariwisataan di tempat tersebut.

“Selanjutnya para pelaku kepariwisataan mampu menciptakan suasana nyaman dan memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan. Dengan kata lain melalui kerjsama ini akan terus digelar berbagai pelatihan bidang pariwisata, guna meningkatan kepahaman para pelaku kepariwisataan,” jelas Margereta.

Pada kesempatan ini hadir juga Kadis Parpora Kristina Tening SH, Kapala Dispenda Mahulu Paulus Liah, S.Pd.,M.Si, Ketua Pokdarwis Kampung Long Melaham Nyangun Alui, Kepala Bagian, yang berkesempatan hadir.(adv/hms8/td)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved