Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Noorbaiti Isran Ajak Wanita dan Seluruh Warga Dukung Program Ibu Menyusui

Menurut istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu, ASI atau air susu ibu merupakan makanan bayi pertama dan utama yang terbaik bagi bayi.

HUMASPROV KALTIM/SAMSUL ARIFIN
PEKAN MENYUSUI - Memperingati Hari Pekan Menyusui Sedunia tahun ini, Bunda ASI Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor mengimbau para ibu hamil, calon pengantin dan keluarga, masyarakat, pengusaha dan pemerintah mendukung program ibu menyusui. 

SAMARINDA - Memperingati Hari Pekan Menyusui Sedunia tahun ini, Bunda ASI Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor menyampaikan imbauan agar para ibu hamil, calon pengantin dan keluarga, masyarakat, pengusaha dan pemerintah mendukung program ibu menyusui.

Menurut istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu, ASI atau air susu ibu merupakan makanan bayi pertama dan utama yang terbaik bagi bayi.

Dijelaskan Norbaiti, ASI bersifat alamiah dan mengandung berbagai zat gizi yang lengkap untuk proses pertumbuhan dan perkembangan bayi.

"Ibu yang menyusui akan terhindar dari risiko kanker payudara dan penyakit lainnya. Menyusui juga akan semakin mendekatkan ikatan ibu dan bayi," kata Hj Norbaiti Isran Noor, Jumat (7/8/2020) di kediaman pribadi Gubernur Kaltim H Isran Noor di Jalan Adipura Nomor 21 Samarinda.

Selain itu lanjut Norbaiti, program ibu menyusui, ternyata juga memiliki kontribusi yang sangat besar untuk menahan laju pemanasan global atau global warming.

Bagaimana tidak, karena penggunaan produk pengganti ASI akan menghasilkan efek gas rumah kaca (GRK), limbah kertas dan karet serta logam yang semuanya akan berdampak pada pemanasan global

"Oleh karena itu, ibu menyusui perlu didukung semua pihak Demi ibu, anak dan bumi yang sehat," tegas Norbaiti yang juga Ketua TP PKK Kaltim itu.

Imbauan yang disampaikan istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu ada lima. Pertama, susuilah bayi secara eksklusif pada usia 0-6 bulan agar bayi terlindungi dari kuman dan bakteri, sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi optimal.

Kedua, peran dan dukungan keluarga sangat penting. Ketiga, dukung ibu menyusui untuk bumi yang sehat. Keempat, menggerakkan ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya di fasilitas kesehatan terdekat. Dan kelima, institusi pemerintah dan swasta yang mempekerjakan wanita agar menyediakan ruang menyusui (laktasi).

Sebagai tambahan informasi, Pekan Menyusui Sedunia diperingati pada tanggal 1 hingga 7 Agustus setiap tahunnya. (sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved