Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Mahulu Gelar Rakor Penyerapan Anggaran Guna Mempercepat Proses Pembangunan di Masa Pandemi

rakor dilaksanakan untuk membahas apa saja yang menjadi kendala baik faktor internal dan eksternal.

HUMASKAB MAHULU
RAKOR PERCEPATAN- Para Kepala OPd se-Mahulu mengikuti Rakor Percepatan Penyerapan Anggaran Kabupaten Mahulu Tahun 2020 di Ruang Rapat I Bappelitbangda, Selasa (11/8/2020). Rakor dipimpin oleh Pj Sekda Mahulu Dr Stephanus Madang. 

UJOH BILANG - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,MM memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penyerapan Anggaran Kabupaten Mahulu Tahun 2020, di Ruang Rapat I Bappelitbangda, Selasa (11/8/2020).

Rakor yang dihadiri oleh sejumlah OPD se-Kabupaten Mahulu tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mempercepat proses pembangunan agar realisasi penyerapan anggaran pada tahun anggaran 2020, sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Pada kesempatan ini Pj Sekda menjelaskan, rakor dilaksanakan untuk membahas apa saja yang menjadi kendala baik faktor internal dan eksternal.

“Rata-rata memang yang banyak menjadi kendala pengelolaan realisasi keuangan daerah tahun 2020, adalah terbenturnya masa pandemi Covid-19. Banyak kegiatan yang terealisasi adalah yang bersifat rutin saja,” ujar Pj Sekda.

Ia menambahkan, kemungkinan juga kegiatan yang berkaitan dengan pihak ketiga ini banyak yang belum terealisasikan, karena masa pandemi ini. Terutama kerjasama dengan daerah hitam atau zona merah tidak bisa dipaksakan.

“Jadi ini yang sangat berdampak terhadap penyerapan anggaran. Melalui rakor ini, bukan untuk mencari-cari kesalahan para OPD, namun bagaimana kita berdiskusi apa yang menjadi kendala dari masing-masing OPD sehingga bisa mencari solusi guna percepatan penyerapan anggaran tersebut,” jelasnya.

Pj Sekda juga berpesan, melalui rakor ini segera disampaikan kepada para jajaran OPD di lingkungan Pemkab Mahulu agar kegiatan yang dapat dilaksanakan sekarang, segera laksanakan. “Jadi jangan berlomba-lombanya diakhir tahun, yang kita kenal dengan penarikan uang dalam jumlah besar. Sebab akhir tahun itu belum tentu ada jaminan uangnya,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Pj Sekda, rapat seperti ini akan terus dilaksanakan setiap triwulan. “Pada pertemuan berikut kita memiliki harapan yang besar, capaian baik fisik maupun keuangan bisa terealisasi secara signifikan, dibandingkan tahapan triwulan sebelumnya,” harap Pj Sekda.

Sementara disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Penelitian dan Kerjasama Pembangunan ( P4KP) Bappelitbangda Mahulu, Rudi Warjono, S.Si, rakor ini dalam upaya melaksanakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, tata cara evaluasi ranperda tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah, jangka menengah dan rencana kerja pemerintah daerah. Sekaligus juga menindaklanjuti pelaksanaan RKPD Semester I melalui realisasi fisik dan keuangan program prioritas Kabupaten Mahulu, melalui pendanaan APBD, DAK, Bankeu dan Penanganan Covid-19.(adv/hms8/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved