Breaking News:

Pemkab Kukar Gelar Festival Pangan Lokal B2SA, Tim Penggerak PKK Muara Muntai Raih Juara I

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupa

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Penyerahan sertifikat penghargaan kepada para juara dalam kegiatan festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Kukar di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat kabupaten.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kukar dan dilaksanakan di Pendopo Wakil Bupati Kukar, pada Kamis (13/8/2020).

Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono mengungkapkan, dirinya mengapresiasi para peserta dari perwakilan TP PKK Kecamatan yang telah ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dari kearifan lokal dari masing-masing kecamatan, ternyata nampak jelas bahwa Kukar memiliki sumber pangan yang beragam.

“Dan dapat menjadi olahan makanan yang beragam,” ujarnya.

Bahkan, dia berharap TP PKK Kecamatan yang ikut serta ini dapat menginisiasi untuk kegiatan festival pangan lokal B2SA di tingkat kecamatan. “Tinggal dikembangkan aja lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kukar, Muhammad Wahly mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 10 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di Kukar, dan 10 peserta tersebut perwakilan dari anggota TP PKK Kecamatan.

Baca juga: Emirates Palace, Abu Dhabi Miliki 1.000 Tempat Lilin Kristal, Inilah Hotel Termewah di Dunia

Baca juga: Cara Bikin Sup Jagung Super Enak, Sangat Cocok di Sajikan Saat Musim Hujan

“Jadi diolah dengan bahan pangan lokal yang lebih kepada karbohidrat non beras dan dikemas dalam bentuk boks, jadi bisa dipasarkan juga,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan festival pangan lokal B2SA tersebut, perwakilan dari Kecamatan Muara Muntai berhasil keluar sebagai juara pertama dalam ajang memasak itu, kemudian disusul dengan Kecamatan Tenggarong menjadi juara 2 dan Kecamatan Loa Janan menjadi Juara 3.

“Kegaiatan ini baru bisa kita laksanakan setelah dua tahun tak terlaksana. Sebenarnya ini kegiatan rutin tiap tahun, tapi baru tahun ini ada anggarannya, makanya kita laksanakan,” ucapnya. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved