Breaking News:

Dukung Revolusi Jagung, Bupati Kukar Edi Damansyah Akan Bangun Pabrik Pengolahannya di Kukar

Sebagai komitmen dalam mendukung ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Virus Corona ( covid-19 ) dan dalam rangka mewujudkan program revolusi ja

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Bupati Kukar Edi Damansyah menanam jagung super hibrida Asia 92 di lahan Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) Gerbang Makmur yang terletak di dusun Harapan Jaya, Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Sebagai komitmen dalam mendukung ketahanan pangan nasional di tengah pandemi Virus Corona ( covid-19 ) dan dalam rangka mewujudkan program revolusi jagung yang telah dicanangkan beberapa tahun lalu di Kutai Kartanegara (Kukar), Bupati Kukar Edi Damansyah melakukan tanam jagung super hibrida Asia 92 di lahan Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) Gerbang Makmur yang terletak di dusun Harapan Jaya, Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu.

Dalam kegiatan tanam jagung yang dilakukan pada Sabtu (15/8/2020) kemarin, Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar turut hadir didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kaltim, Dadang Sudarya, Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim Wisdianto, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sutikno, dan Camat Sebulu Muhfizar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengungkapkan, pertanian merupakan sektor andalan di Kukar karena terhitung dari 2018 - 2019 telah terjadi peningkatan kurang lebih sebesar 14 persen, sehingga pada peringatan HUT Provinsi Kaltim yang lalu Kukar mendapatkan dua panji keberhasilan dalam bidang pertanian hortik.

Ia membeberkan, salah satu andalan pertanian hortik tersebut, yaitu jagung hibrida merupakan salah satu komoditas yang diprioritaskan pengembangannya, karena menurut kajian jagung hibrida ini di Kukar sangat mudah tumbuh dan berkembang.

"Tadi kita lihat sangat subur pertumbuhannya, bahkan menurut keterangan PPL tidak memerlukan pupuk, artinya bisa tumbuh secara alami dan tidak memerlukan perawatan khusus," kata Edi.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Harap Anggota Kelompok Tani Harus Giat Menanam

Baca juga: Ini Manfaat yang Didapat Jika Rutin Konsumsi Bawang Putih Panggang, Terhindar dari Hipertensi

Bupati Edi Damansyah juga mengapresiasi gapoktan Gerbang Makmur, karena di gabungan kelompok tani ini hampir semua komoditas ditanam oleh anggota Gapoktan.

"Itu juga yang menanam padi, itu juga yang menanam jagung, dan itu juga yang menanam buah naga, sehingga hampir tidak ada waktu terputus," ujar Edi Damansyah.

Edi Damansyah menginginkan di Kukar ini nantinya ada pabrik pengolahan jagung hibrida, sehingga jagung hasil panen petani langsung diolah di pabrik yang ada, tidak perlu dijual keluar.

Baca juga: Ternyata Inilah Manfaat dari Mengonsumsi Ikan Nila Bagi Kesehatan, Mencegah Penyakit Kanker

Baca juga: Kaltim Bertambah 56 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19, di Bontang 34 Kasus

"Saya ingin sebagai salah satu mendukung program revolusi jagung di tahun mendatang kita harus punya pabrik pengolahan jagung, sehingga jagung-jagung hasil Gapoktan langsung bisa kita beli dan kita olah sendiri, sehingga bisa kita jual dalam bentuk produk jadi," ucap Edi Damansyah.

Dalam penanaman jagung tersebut juga dilakukan dialog dengan para anggota Gapoktan dan para PPL serta dilakukan penyerahan bibit jagung hibrida Asia 92, dan pestisida kepada anggota Gapoktan Gerbang Makmur. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved