Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Digelar Sederhana, Peringatan HUT RI di Berau Mengikuti Protokol Kesehatan

Peringatan HUT RI ke-75 di Kabupaten Berau berlangsung secara sederhana. Berbeda seperti tahun sebelumnya,

Editor: Achmad Bintoro


TANJUNG REDEB - Peringatan HUT RI ke-75 di Kabupaten Berau berlangsung secara sederhana. Berbeda seperti tahun sebelumnya, peringatan kali ini digelar dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Peringatan digelar dengan upacara pengibaran bendera merah putih dengan dihadiri undangan terbatas yaitu forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), begitu juga dengan para peserta upacara. Dalam upacara peringatan ini Bupati Berau Muharram menjadi inspektur upacara.

ZIARAH - Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, menaburkan bunga pada prosesi ziarah taman makam pahlawan di rangkaian HUT ke 75 RI, Senin (17/8/2020).
ZIARAH - Wakil Bupati Berau Agus Tantomo, menaburkan bunga pada prosesi ziarah taman makam pahlawan di rangkaian HUT ke 75 RI, Senin (17/8/2020). (HUMASKAB BERAU)

Upacara peringatan detik-detik proklamasi diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Berau Madri Pani. Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Anggota Paskibra ini juga dibatasi yang cuma tiga saja. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib. Masyarakat juga turut serta mengikuti detik-detik proklamasi dengan melakukan sikap sempurna selama tiga menit di beberapa titik persimpangan jalan.

Usai peringatan upacara, Bupati Muharram menyampaikan, peringatan pada tahun ini harus dimaknai dengan perbuatan nyata dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan yang terdahulu. Sesuai dengan tema HUT RI pada tahun ini ‘Indonesia Maju’, Muharram meminta kepada seluruh masyarakat agar mengisi kemerdekaan dengan mendukung pembangunan.

“Tema ini diangkat sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini. Meskipun di tengah pandemi covid-19 yang terjadi, tetapi kemajuan bangsa harus tetap terlaksana. Kita harus mendorong generasi muda untuk mempertahankan kemerdekaan dengan berbuat nyata dalam memajukan pembangunan,” tegasnya.

Bupati Muharram juga menegaskan pandemi yang terjadi saat ini menjadi momentum dalam berbenah diri. Menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga hingga masyarakat. “Kita dituntut harus selalu bersabar dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan. Dan tetap disiplin diri karena covid-19 ini merupakan ancaman luar biasa bagi kita semua,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Agus Tantomo menyampaikan peringatan yang digelar pada tahun ini memiliki banyak perbedaan. Namun tidak merubah semangat dalam merayakan HUT RI yang telah diperjuangkan para pahlawan.

"Salah satunya yang telah kita laksanakan bersama teman-teman jurnalis yaitu pengibaran bendera di bawah laut. Ini menjadi bentuk semangat kita untuk tetap eksis dalam mempertahankan kemerdekaan sekaligus mengenalkan keindahan pariwisata Berau ke luar," jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat tetap memaknai hari perjuangan ini sebagai sesuatu yang sakral. Meskipun tanpa adanya perayaan yang cukup meriah seperti tahun sebelumnya dengan berbagai kegiatan ataupun perlombaan. "Karena kondisi kita seperti saat ini, tentu harus mengikuti aturan yang ada. Namun semangat kemerdekaan tetap harus kita perjuangkan," pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara di halaman kantor bupati, rombongan melanjutkan kegiatan dengan upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wijaya Tanjung Redeb. Dan dilanjutkan dengan mengikuti upacara virtual bersama dengan presiden Joko Widodo. (adv/hms5)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved