Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

124 Ribu Tenaga Kerja di Balikpapan dan Penajam Paser Utara Berpotensi Peroleh BSU Rp 600.000

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan Ramadan Sayo menegaskan, khusus untuk program.

DOK. Kredivo via KOMPAS.com
Ilustrasi uang - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan Ramadan Sayo menegaskan, khusus untuk program Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp 600.000 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan Ramadan Sayo menegaskan, khusus untuk program Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp 600.000 yang akan diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan kepada para pekerja formal dan non ASN, pihaknya hanya membantu menyeleksi kebenaran data dan menghimpun nomor rekening dari rekomendasi perusahaan.

"Bantuan subsidi ini tengah ramai diperbincangkan, dimana rencananya akan dicairkan melalui transfer ke nomor rekening tenaga kerja langsung, pada akhir bulan ini," ujar Ramadan dalam Sharing Online 'Program Bantuan Subsidi Upah Peserta BPJS Ketenagakerjaan' yang digelar Dinas Ketenagakerjaan kota Balikpapan, Selasa (18/8/2020).

Ramadan menyebut bantuan ini ada karena saat ini dunia sedang dilanda wabah Covid-19, termasuk Indonesia yang berdampak pada sektor ekonomi yang menurun.

Secara nasional, diperkirakan sebanyak 15,7 juta tenaga kerja akan mendapat BSU senilai Rp600.000 selama 4 bulan ini. Tenaga kerja yang mendapat bantuan subsidi ini adalah pekerja formal yang aktif di BPJS ketenagakerjaan, termasuk non ASN.

Peduli Pendidikan 1708 di Balikpapan Berlanjut di 0812, Rumah Ibadah Pasang Wifi untuk Anak Sekolah

NEWS VIDEO Mercure-Ibis Hotel Samarinda Gelar Donor Darah

Akan Tayang Malam ini di Big Movies GTV Pukul 21.00 WIB, Ini Sinopsis Film Aksi Miami Vice

Tenaga kerja ini, dia aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan hingga tanggal 30 Juni 2020. Contoh, baru menjadi peserta di bulan Juli, tidak dapat.

"Sehingga data yang kita ambil adalah data terakhir hingga Juni 2020. Juga yang pembayaran iurannya aktif," paparnya.

Selain itu, akan setelah dilakukan verifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, nomor rekening yang ada akan dilakukan pengecekan oleh masing-masing perbankan.

Memiliki rekening aktif, yang hingga 3 bulan ke depan ada transaksi adalah salah satu persyaratan menerima BSU.

Ramadan berharap data yang direkomendasikan perusahaan betul-betul sesuai dengan harapan pemerintah, agar penerima bantuan tepat sasaran. Ia menyebut, penghimpunan nomor rekening di BPJS Ketenagakerjaan berakhir pada 19 Agustus 2020.

"Masih ada waktu untuk perusahaan menghubungi ARK (Account Representative Khusus, red) di BPJS ketenagakerjaan. Yang dapat adalah tenaga kerja formal, bukan mandiri, BPU, dan Jasa Konstruksi. Selain itu, yang upahnya dibawa Rp 5 juta. Upah adalah biaya yang dibayarkan pemberi kerja, termasuk gaji pokok, hingga tunjangan," jelasnya.

Reaksi Rizky Billar saat Dinda Hauw dan Lesty Kejora Ngobrol, Ini Pesan Istri Rey Mbayang pada Lesti

NEWS VIDEO Mercure-Ibis Hotel Samarinda Gelar Donor Darah

Data per hari ini, Selasa (18/8) pukul 07.30, jumlah peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan wilayah Balikpapan dan Penajam Paser Utara memiliki peserta aktif sebanyak 190.287 orang. Yang sudah melaporkan memiliki upah di bawah Rp 5 juta sebanyak 124.411 orang.

BPJS Ketenagakerjaan hanya menyeleksi valid format, dan didapati 88 orang yang tidak valid dalam pengisian, sehingga diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh pihak perusahaan.

(TribunKaltim.co)

Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved