Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

75 Tahun Merdeka, Gubernur Isran Sampaikan Harapan Seluruh Rakyat Kaltim Terhadap Indonesia

Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini berlangsung hikmat, meski dalam waktu yang sama,

HUMASPROV KALTIM/SYAIFUL ANWAR
JADI IRUP - Gubernur Kaltim Isran Noor menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Senin (17/8/2020). 

SAMARINDA – Upacara Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun ini berlangsung hikmat, meski dalam waktu yang sama, pandemi virus corona belum berakhir. Upacara tahun ini dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Kaltim. Padahal sebelumnya selalu dilaksanakan di Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Upacara berjalan penuh hikmat diawali pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK. Dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara, Gubernur Isran Noor.

“Harapan dari seluruh rakyat Kalimantan Timur, setelah 75 tahun Indonesia merdeka, kita ingin Indonesia bisa terus maju dan berkembang, setara dengan negara-negara maju lainnya di dunia,” kata Isran Noor, usai upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (17/8/2020).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kaltim yang dipercaya menjadi Ketua Panitia Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Rapublik Indonesia Tahun 2020 HM Jauhar Efendi menyebut peringatan tahun ini memang sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Biasanya, digelar secara besar dan meriah. Namun, dalam pandemi Covid, tetap dilakukan tapi menerapkan protokol kesehatan dan terbatas," kata Jauhar.

Tidak ada gelar pasukan. Peserta upacara hanya jajaran TNI/Yonif 611 Awang Long, Polri/Brimob dan Satpol PP Kaltim masing-masing 10 orang. Pengibar bendera Merah Putih pun petugas dari Purna Paskibra Indonesia tiga orang. Tanpa didampingi pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 dari tiga angkatan dan Polri yang biasa mengawal Paskibra.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan mengikuti secara virtual Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dari Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim. Meski secara virtual acara berlangsung hikmat. Ketua MPR RI Bambang Soesatyov membacakan teks proklamasi, sedangkan Presiden Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara.

Acara dihadiri Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kajati Kaltim Deden Riki Hayatul Firman dan Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Sutoyo serta Pj Sekprov Kaltim HM Sa'bani.

Pelaksanakan secara virtual ini juga mengikuti protokol yang diterapkan Istana Negara. Saat detik-detik proklamasi, Gubernur dan Anggota Forkopimda ikut berdiri. Kemudian, ketika pengibaran Bendera Sang Merah Putih mereka juga memberi hormat. (jay/yans/sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved