Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Jumlah Peserta Upacara HUT RI Dibatasi, Bupati Ikut Peringatan Detik-detik Proklamasi Secara Virtual

"Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19,"

HUMASKAB KUBAR
UPACARA KEMERDEKAAN - Bupati Kutai Barat FX Yapan menjadi inspektur upara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Senin (17/8/2020). 

SENDAWAR - Suasana berbeda pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, Senin (17/8), di tengah pandemi Covid 19. Pemkab Kubar menggelar upacara bendera di halaman depan Kantor Bupati dengan mengikuti protokol kesehatan, peserta yang hadir dibatasi dan perangkat daerah mengikuti upacara secara virtual.

"Upacara dilaksanakan secara sederhana, khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19," kata Bupati Kubar FX Yapan. Turut hadir Ketua DPRD, Wakil Bupati, Kapolres Kubar, Dandim 0912 Kubar, Kepala Pengadilan Negeri, Kejaksaan dan Pengadilan Agama, dan penjabat Sekretaris Kabupaten Kubar.

Lebih lanjut Bupati FX Yapan SH mengharapkan, melalui momentum HUT ke-75 RI, walaupun suasana berbeda namun semangat tetap berkobar karena kebiasaan merayakan HUT RI dengan semarak yang diikuti semua PD di lingkungan Pemkab Kubar.

”Hari ini di suasana pandemi, semua kegiatan diatur mengikuti protokol kesehatan, walaupun di masa pandemi semangat kita tetap tidak berbeda. Harapannya melalui momentum HUT ke-75 RI, Indonesia harus bisa berdikari, mandiri di bidang ekonomi, berdaulat di bidang politik, dan berbudaya di bidang kebudayaan, sehingga Tri Sakti tetap menggelora,” tandas Bupati.

Ideologi bangsa Pancasila, tegas Buapti, harus dipertahankan sepanjang hayat dikandung badan, tidak boleh semangat kemerdekaan mundur, semangat perjuangan harus tetap bergelora di masa pandemi. Bahkan harus serentak melawan Covid-19 dengan memakai masker, dimana Pemkab Kubar sudah mulai membagikan masker untuk masyarakat.

Pemkab Kubar dalam waktu dekat juga akan melakukan rapat koordinasi terkait penentuan sanksi bagi masyarakat yang tidak disiplin memakai masker/SOP Protokol Kesehatan. Bagi masyarakat yang melanggar dikenakan sanksi seperti daerah-daerah lain.

“Harapan kami, masyarakat Kubar bisa bergandengan tangan bahu-membahu serta merapatkan barisan, tidak saling menyalahkan saat pandemi Covid-19. Kita harus berjuang membangun Kubar yang kita cintai ini melalui semangat HUT RI,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menuturkan selama 75 tahun Indonesia merdeka banyak capaian yang kita rasakan, oleh sebab itu kita patut bersyukur dimana Pemerintah Pusat telah menetapkan Kabupaten Kutai Barat sebagai kabupaten depinitip inilah salah satu yang harus kita syukuri.

“Dahulu jika kita lihat susunan kendaraan masyarakat Kubar lebih panjang dari jalan yang sudah beraspal di Kubar, saat ini jalan-jalan banyak yang sudah sampai ke kecamatan dan Kampung. Pembangunan yang bertahap dan berkelanjutan harus dipertahankan demi kesejahteraan masyarakat Kubar.

Tujuan utama yang ingin dicapai melalui momentum HUT Ri di Kabupaten Kutai Barat, sesuai visi misi dan RPJMD bagaimana masyarakat bisa merasakan pembangunan, dan masyarakat bukan menjadi objek melainkan subyek pembangunan.

Terkait pengelolaan keuangan dan tata kelola pemerintahan di Kubar di masa pandemi, tetap bersemangat untuk mempertahankan Kubar telah mendapatkan juara I predikat pengelolaan keuangan terbaik tiga tahun secara berturut-turut dan tahun 2020 kita harus rebut kembali juara I pengelolaan keuangan terbaik tersebut.

Selanjutnya, Bupati mengimbau masyarakat masyarakatuntuk berdisiplin mengikuti SOP/Protokol Kesehatan untuk mengatasi pandemi, harus berperilaku hidup bersih dan sehat dengan cara cuci tangan, jaga jarak, mengganti pakaian ketika pulang dari luar rumah, tidak boleh lalai dan lengah.

”Sekali lagi pemerintah mengimbau dan mengharapkan kerjasama yang baik demi kebaikan kita semua. Dengan perayaan HUT RI ini saya yakin masyarakat semakin dewasa berpikir dan bertindak untuk daerah kita yang kita cintai,” tambah Bupati.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved