Breaking News:

Peminat Uang Peringatan Kemerdekaan Rp 75.000 Tinggi, BI Balikpapan Layani 150 Penukar

Antusias masyarakat dalam mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) bernominal Rp 75.000 sangat tinggi.

TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI AM
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Balikpapan Bimo Epyanto dalam Tanya Jawab UPK 75 yang digelar secara virtual, Selasa (18/8/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Antusias masyarakat dalam mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) bernominal Rp 75.000 sangat tinggi.

Terbukti dari sudah dipenuhinya kuota pemesanan di Aplikasi Si Pintar sebanyak 97 persen dari total 75 juta lembar yang dicetak Bank Indonesia.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, dalam Taklimat Media Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia secara virtual, Selasa (18/8/2020) menyebut, untuk sesi pertama penyaluran ini, yang sudah daftar 97 persen di aplikasi Pintar. "Yang sudah memasuki aplikasi sebanyak 68.051," ujarnya.

Penukaran uang di seluruh kantor perwakilan bank sentral ini pun sudah penuh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Bocah Tarakan yang Viral Gara-gara Mejeng di Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Baca Juga: Pakaian Adat Tidung di Dalam Tema Pecahan Uang Rp 75 Ribu, Walikota Tarakan Khairul Beri Tanggapan

Baca Juga: Bangga, Baju Adat Tidung Kaltara Masuk dalam Tema Uang Edisi Khusus HUT ke-75 RI

Namun ada beberapa wilayah yang masih menyediakan jasa penukaran UPK ini. Di antaranya, Sibolga- Sumatera Utara, Papua, Papua Barat, Lhokseumawe-Aceh, Gorontalo dan Mamuju-Sulawesi Barat.

Di Balikpapan sendiri, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Balikpapan Bimo Epyanto menyebut, fenomena antusiasme masyarakat se-Indonesia terhadap UPK 75 ini, sangat luar biasa.

Ia menyebut, hari ini merupakan hari pertama pihaknya melayani penyaluran uang tersebut ke masyarakat.

"Hari pertama, kami membatasi jumlah pengantri. Kami membuka 150 penukaran, dengan mempertimbangkan kondisi saat ini. Masyarakat yang akan menukarkan uang, wajib menaati protokol pencegahan covid-19," ujar Bimo dalam Tanya Jawab UPK 75 yang digelar terpisah.

Ia menyebut, slot untuk penukaran periode pertama hingga awal September 2020 sudah penuh. Nanti baru akan dibuka lagi untuk periode selanjutnya.

Selain itu, masyarakat yang sudah melakukan pemesanan di https://pintar.bi.go.id/ dan telah memenuhi syarat yang ditetapkan, bisa menukarkannya di Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Jalan Jendral Sudirman No 20, Balikpapan. pelayanan dibuka setiap hari kerja, di tiga waktu yakni pukul 08.00-09.00 , 09.00-10.00 dan 10.00-11.00 waktu setempat.

"Dari 150 orang yang mendaftar hari ini, ada sebanyak 23 orang yang tidak hadir, 4 orang lainnya ditolak karena data yang diinput didalam aplikasi, tidak cocok dengan KTP yang mengantre," pungkasnya. (*)

Baca Juga: Dikira Berpakaian Adat China, Ini Pengakuan Bocah Berpakaian Adat Tidung di Uang Rupiah Rp 75 Ribu

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Bocah Tarakan yang Viral Gara-gara Mejeng di Uang Pecahan Rp 75 Ribu

Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved