Breaking News:

Berikut Cara Mengatasi Sariawan yang Aman dan Mudah, Salah Satunya Bisa Minum Madu

Berikut cara mengatasi sariawan yang aman dan mudah, Salah Satunya bisa minum madu

Editor: Nur Pratama
wordpress.com
Ilustrasi Sariawan 

TRIBUNKALTIM.CO - Berikut cara mengatasi sariawan yang aman dan mudah, Salah Satunya bisa minum madu

Sariawan atau stomatitis aphtosa merupakan kondisi yang disebabkan karena adanya luka pada bagian mulut yang berbentuk bercak berwarna putih.

Kemunculan sariawan pada bibir ini sangat mengganggu aktifitas mulut dan gigi, karena orang yang sedang sariawan akan merasakan sakit yang cukup menyiksa pada area bibir.

 Drg Aftina Mutiara Karima menyatakan bahwa sariawan ini muncul karena berbagai faktor, salah satunya biasanya dikarenakan adanya trauma di bagian rongga mulut.
Secara etiologis, sariawan ini disebabkan karena 4 hal, yang pertama adalah trauma di bagian rongga mulut ini kemudian menimbulkan adanya luka, biasanya disebabkan karena area bibir yang tergigit atau karena terluka saat seseorang menyikat gigi.

Dokter Gigi di Rumah Sakit Sisma Medika ini juga mengatakan bahwa selain karena trauma, sariawan juga bisa dikarenakan adanya defisiensi nutrisi vitamin, biasanya terganggu karena disebabkan konsumsi gizi yang kurang tepat.

 Kabar Gembira, Resmi PNS/ASN Libur 11 Hari, Pengganti Cuti Bersama Idul Fitri, Catat Tanggalnya

 Adian Napitupulu Bongkar Ciri Partai Politik di Tubuh KAMI, Refly Harun Bereaksi, Lalu Tersenyum

 Tak Perlu ke BPJS Ketenagakerjaan, Cukup Login sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, Cek Nama Dapat BLT

Ilustrasi-Sariawan.(Wordpress.com)
Ilustrasi-Sariawan.(Wordpress.com) (Wordpress.com)

Faktor ketiga penyebab kemunculan sariawan adalah karena faktor hormonal Recurrent Aphthous Stomatitis (RAS), yaitu sariawan yang bisa muncul ketika seseorang sedang stres.

Hal ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh seseorang.

Selain itu, ternyata sariawan juga merupakan salah satu manifestasi dari beberapa penyakit, diantaranya adalah penyakit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), Sindrom Behcet's hingga Kolitis Ulseratif atau radang usus.

Sariawan bukan sebuah peradangan yang disebabkan karena bakteri, namun adanya bakteri ini biasanya menghambat atau memperlambat penyembuhan dari peradangan yang terjadi.

Instruktur laboratorium di FKG UMS sekaligus pemilik Mutiara Dental Care ini menyatakan bahwa ada beberapa cara untuk meredakan sariawan, sebagai berikut:

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved