Breaking News:

Pilkada Kukar

Bupati Kukar Edi Damansyah Sebut Kaum Perempuan Punya Peran Penting Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Bupati Kukar atau Kutai Kartanegara Edi Damansyah menegaskan, Peningkatan partisipasi politik perempuan dapat diupayakan melalui pendidikan politik

TRIBUNKALTIM.CO, ARIS JONI
Bupati Kukar, Edi Damansyah 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kukar atau Kutai Kartanegara Edi Damansyah menegaskan, Peningkatan partisipasi politik perempuan dapat diupayakan melalui pendidikan politik yang mampu menciptakan kemampuan dan kesadaran perempuan akan hak dan kewajibannya dalam bidang politik.

Peran tersebut juga tertuang dalam tekstual undang-undang yang mengakui adanya kebutuhan untuk melibatkan perempuan dalam partai politik sebagai upaya agar perempuan dapat memperoleh akses yang lebih luas dalam pengambilan keputusan.

“Undang-undang pemilihan umum merupakan kebijakan inti mengenai isu representasi politik perempuan yang di dalamnya ditegaskan mengenai kuota perempuan di parlemen,” ujar Edi.

Baca juga; Persiapan MTQ Tingkat Kabupaten Kukar di Kecamatan Muara Badak Hampir 100 Persen

Baca juga; Pendaftaran Bacalon Tinggal Menghitung Hari, PDI-P Belum Tunjuk Calon di Pilkada Berau dan Samarinda

Hal itu juga disampaikan Wakil Bupati Kukar Chairil Anwar dalam acara sosialisasi pendidikan politik bagi perempuan dan pemilih pemula dalam persiapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kukar yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Kesbangpol Kukar pada Sabtu, (22/8/2020).

Sementara berkenaan dengan akan masuknya tahapan, persiapan dan penyelenggaraan pemilihan umum, Edi Damansyah mengatakan terdapat beberapa atensi yang perlu menjadi perhatian bersama khususnya terkait potensi kerawanan pilkada.

“Kerawanan-kerawanan yang perlu diantisipasi itu diantaranya data pemilih, konflik antar pendukung, distribusi logistik, masa pencoblosan dan saat perhitungan suara,” pungkasnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved