Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Dewan Masjid Indonesia Kukar Dikukuhkan, Wabup Chairil Ajak Umat Makmurkan Masjid

Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kaltim H Ardaniansyah resmi mengukuhkan Pengurus Pimpinan Daerah DMI Kukar

HUMASKAB KUKAR/PROKOM
PENGUKUHAN - Wabup Kukar Chairil Anwar menghadiri pengukuhan Pengurus Pimpinan Daerah DMI Kukar periode 2020-2025 di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, pekan tadi. Pengurus dikukuhkan Sekretaris DMI Kalimantan Timur H Ardaniansyah. 

TENGGARONG - Sekretaris Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalimantan Timur (Kaltim) H Ardaniansyah resmi mengukuhkan Pengurus Pimpinan Daerah DMI Kukar periode 2020-2025, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, pekan tadi.

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wakil Bupati H Chairil Anwar, meyakini kehadiran DMI Kukar akan memberikan manfaat langsung untuk kemakmuran masjid. "Saya meyakini DMI Kukar kedepannya akan memberikan manfaat untuk kemakmuran masjid," katanya.

Menurutnya, DMI memiliki tanggungjawab pembinaan profesi pengelola masjid dalam melaksanakan visi, misi dan program kerja organisasi kemasjidan yang bersifat koordinatif, konsultatif, dan informatif dalam hal pembinaan profesi pengelolaan masjid dalam rangka pembinaan profesi kemasjidan.

"Salah satu aspek yang menjadi perhatian Umat Islam di Indonesia berkaitan dengan masjid (atau sebutan lainnya seperti Mushalla, Langgar, dan lain-lain, sesuai kapasitasnya) ialah kedudukan sentralnya di masyarakat muslim sebagai bangunan rumah ibadah yang menghubungkan antara aktivitas ritual dan interaksi sosial," ujarnya.

Ditambahkan Chairil, masjid menjadi tempat umat Islam berinteraksi dengan Tuhannya, sekaligus menunaikan kewajiban ibadah lima waktunya. Di masjid pula, tempat umat Islam berinteraksi secara sosial bersama para cendikiawan agama (ulama), para abdi masyarakat (umara), dan sesama umat Islam dari berbagai latarbelakang status sosialnya.

"Saya mengajak semua pihak untuk bahu-membahu bekerjasama memakmurkan masjid dan rumah-rumah ibadah umat Islam lainnya di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Kita semua memiliki slot sebanyak 18 kecamatan, 44 kelurahan dan 193 desa se-Kukar untuk menjadi lahan pengabdian di dalam membina ibadah umat Islam dan dakwah Islamiyah," ajaknya.

Diketahui dalam pengukuhan itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Wilayah DMI Kaltim Nomor: 013/PW-DMI/SK/KT/VI/2020, mengesahkan H Muhammad Bisyron sebagai Ketua Umun, Sekretaris Umum H Agus Suharto dan Bendahara Umun Hj Trisnawaty.

Dibantu beberapa bidang seperti bidang pemberdayaan ekonomi umat, dakwah dan diklat, kepemudaan dan litbang, kesehatan dan estitika dan kesekretariatan. (adv/prokom1)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved