Breaking News:

Kayu Olahan Senilai Rp 15 Miliar Asal Kaltara DIkirim ke Malaysia dan Amerika

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor kayu olahan, Rabu (26/8/20)

HO
Pemeriksaan fisik kayu olahan oleh pejabat Karantina Pertanian Tarakan sebelum dikirim ke Malaysia dan Amerika Serikat. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor kayu olahan, Rabu (26/8/20)

Sebanyak kurang lebih 2.256 M3 kayu olahan berupa plywood dan moulding asal Kalimantan Utara produksi PT Intracawood Manufacturing.

Kayu olahan tersebut siap dikirim ke dua negara, yakni Amerika dan Malaysia. Adapun rinciannya yaitu 2.236 M3 ke Amerika Serikat dan 20 M3 ke Malaysia dengan total nilai ekonomis Rp 15 miliar.

Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor kayu olahan, Rabu (26/8/20). Kayu asal Kaltara tersebut akan dikirim ke  Malaysia dan Amerika Serikat.
Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Tarakan kembali memfasilitasi ekspor kayu olahan, Rabu (26/8/20). Kayu asal Kaltara tersebut akan dikirim ke Malaysia dan Amerika Serikat. (HO)

Sesuai permintaan Negara tujuan, kayu olahan yang diekspor dari Indonesia harus dilengkapi dengan Phytosanitary Certificate atau sertifikat kesehatan tumbuhan yang diterbitkan oleh Badan Karantina Pertanian.

Hal ini sebagai penjamin bahwa kayu olahan tersebut bebas dari organisme pengganggu tumbuhan.

Pejabat Karantina Pertanian Tarakan telah melakukan pemeriksaan fisik terhadap kayu olahan tersebut, Selasa (25/8/20).

Kayu olahan berupa plywood dan moulding akan dipergunakan sebagai bahan baku properti, seperti pagar rumah, dinding dan lantai.

"Kayu olahan yang diekspor ini telah melalui serangkaian tindakan karantina, sehingga dapat dipastikan aman dan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan sesuai persyaratan teknis negara tujuan," Ujar drh. Akhmad Alfaraby, Kepala Karantina Pertanian Tarakan. (*)

Penulis: Risnawati
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved