Kodam VI Mulawarman Sumbang 3000 APD dan 5000 Masker KN95 untuk Kota Balikpapan

Kasus perkembangan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terus meroket

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono memberikan bantuan APD dan Masker KN95 kepada Walikota  Balikpapan Rizal Effendi 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Kasus perkembangan pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur terus meroket.

Tak ayal membuat pemerintah dalam hal ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah Kota Balikpapan menjadi kewalahan saat menangani pasien yang terpapar Virus Corona.

Bahkan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) di seluruh rumah sakit yang ada di Kota Balikpapan mengalami kekurangan.

Menyikapi hal itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto langsung bertindak cepat melakukan langkah-langkah khusus guna mendukung satgas gugus tugas percepatan penganan covid-19.

Mayjen TNI Heri Wiranto berkoordinasi dengan jajarannya menyumbang sebanyak 3.000 APD dan 5000 Masker KN95.

Bantuan APD itu diserahkan secara simbolis oleh Mayjen TNI Heri Wiranto kepada Walikota Balikpapan Rizal Effendi pada Rabu (26/8/2020) di Aula Makodam VI Mulawarman.

Penyerahan bantuan APD tersebut juga turut disaksikan oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono.  

Baca Juga: Pakai APD, Wakil Bupati Hamdam Datangi RSUD untuk Melihat Mayat Kepala Damkar PPU

Baca Juga: Berbalut APD Lengkap, Tim Medis RSUD AM Parikesit Tenggarong Laksanakan Upacara HUT ke-75 RI

"Jadi ini sebenarnya adalah bagian dari sebagian proses kemarin kita mendapatkan masukan dari pemerintah daerah dari kepala Dinas Kesehatan, yang menyatakan bahwa proses penganan covid ada sedikit kendala karena semakin banyaknya pasien kemudian rumah sakit semakin kekurangan APD.

Dari langkah itu saya melakukan koordinasi dengan pak Kapolda kemudian saya mencoba mengkomunikasikan dengan satgas nasional langsung saya ke pak Doni Monardo dan beliau merespon dengan cepat kemudian beliau mengatakan dibutuhkan berapa ?

lalu saya sampaikan kepada pak Walikota kemudian beliau mengatakan kebutuhannya sekitar tiga ribu dan langsung di dukung saat itu juga besok langsung kita kirim, proses pengiriman juga dengan pesawat langsung dari jakarta," jelas Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto. 

Artinya tiga ribu APD kemudian ada tambahan diberikan masker sejumlah lima ribu, ini yang luar biasa dan mudah-mudahan nanti ada beberapa dukungan yang lain kemudian bisa kita komunikasikan untuk membantu  wilayah yang menangani covid ini," lanjutnya 

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang juga selalu ketua gugus tugas percepatan penganan covid-19 di kota Balikpapan mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan APD tersebut. 

Rizal mengatakan seluruh APD tersebut nantinya akan disalurkan ke rumah sakit rujukan pasien covid-19. 

"Luar biasa saya terimakasih banyak kepada bapak Panglima Kodam terimakasih bapak Kapolda karena kemarin Bapak Kapolda dan Panglima turun langsung operasi masker dan gunanya sangat luar biasa masyarakat dapat merasakan bahwa penggunaan masker itu adalah protokol kesehatan pertama yang paling penting kita jalankan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved